Terungkap! Alasan Perusahaan Melakukan PHK di Masa Pandemi

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) merupakan keputusan yang dipilih banyak perusahaan di tanah air selama masa pandemi COVID-19 berlangsung. Banyak orang menganggap bahwa alasan perusahaan melakukan PHK adalah keterbatasan kondisi finansial perusahaan. Padahal, sebenarnya banyak faktor yang bisa memicu keputusan tersebut.

Kira-kira apa saja sih alasan perusahaan melakukan PHK di masa pandemi selain karena keterbatasan finansial? Inilah ulasan selengkapnya!

Berencana Melakukan Restrukturisasi dalam Perusahaan

Berdasarkan survei Human Resource di Indonesia pada Maret hingga April 2020, salah satu alasan perusahaan melakukan PHK adalah rencana restrukturisasi dalam perusahaan. Tak sedikit perusahaan yang berencana merombak struktur internal perusahaan demi mencapai tujuan bisnis secara maksimal pasca pandemi.

Itulah sebabnya, masa pandemi COVID-19 dianggap sebagai momentum yang tepat untuk mempersiapkan proses regenerasi perusahaan.

Baca Juga: Ruminasi dalam Pekerjaan: Gagal Move On Usai Mengalami PHK

Mewujudkan Regenerasi di Perusahaan

Tak ada perusahaan yang berhak memutus hubungan kerja dengan karyawannya tanpa alasan yang jelas. Sayangnya, hal tersebut sering menghambat perusahaan untuk melakukan regenerasi. Meskipun sebenarnya perusahaan butuh karyawan baru yang lebih muda dan kreatif untuk mengembangkan bisnis mengikuti kemajuan zaman.

Niat melakukan regenerasi perusahaan menjadi alasan perusahaan melakukan PHK terhadap karyawan senior yang terbilang kurang produktif.

Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi Secara Maksimal

Kemajuan teknologi kini memang bisa meningkatkan efisiensi perusahaan. Sayangnya, belum banyak perusahaan yang dapat menerapkan teknologi secara maksimal karena masih memiliki banyak karyawan. Pandemi COVID-19 pun dimanfaatkan sebagai saat alasan perusahaan melakukan PHK kemudian memanfaatkan kecanggihan teknologi secara maksimal.

Sehingga keputusan PHK karyawan membuat rencana otomatisasi berlangsung secara mulus. Otomatisasi perusahaan tentu dapat menekan biaya untuk menggaji karyawan.

Perusahaan akan Diakuisisi atau Merger dengan Perusahaan Lain

Pemilik perusahaan yang kesulitan bertahan di masa pandemi bisa memutuskan untuk membiarkan perusahaannya diakuisisi atau merger dengan perusahaan lain. Rencana akuisisi tersebut juga menjadi salah satu alasan perusahaan melakukan PHK.

Sebab pihak perusahaan yang mengakuisisi atau mitra merger tentu tak ingin terbebani oleh jumlah karyawan yang terlalu banyak dan terbilang kurang produktif. PHK dianggap sebagai cara terbaik untuk merombak sistem internal perusahaan demi mengupayakan efisiensi yang maksimal.

Kamu harus tetap berkepala dingin menyikapi alasan perusahaan mem-PHK dirimu. Jangan malas mengembangkan kemampuan kerja supaya kamu masih punya kesempatan besar untuk kembali bekerja setelah pandemi usai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here