4 Alasan yang Membuat Perusahaan Menyimpan CV Pelamar Kerja

Dahulu Curriculum Vitae (CV) yang dikirim para pelamar kerja dalam format hardcopy biasanya jadi setumpuk sampah yang rutin dibuang Human Resource Department (HRD). Namun, hal tersebut tidak terjadi lagi di era digital modern seperti saat ini. Justru kini banyak perusahaan menyimpan CV pelamar kerja dengan baik supaya bisa diakses lagi di lain kesempatan.

Kira-kira apa sih yang membuat perusahaan menyimpan CV pelamar kerja? Ternyata inilah beberapa alasannya:

Menggunakan Sistem ATS yang Efisien

Applicant Tracking System(ATS) merupakan aplikasi yang membantu menangani proses perekrutan karyawan, dari mulai penerimaan CV hingga seleksi. Aplikasi ini berperan penting meringankan tugas staf HRD sejak proses sortir CV.

Selain membantu proses sortir CV, ATS juga bisa menyimpan CV pelamar kerja yang dianggap layak dan berkualitas. Sehingga staf HRD bisa mencari kontak pelamar kerja dengan mudah bila membutuhkannya di lain hari. Tak hanya praktis, sistem ATS juga punya database yang rapi dan mudah diakses tanpa membebani kapasitas penyimpanan file internal perusahaan.

Baca Juga: Ingin Sukses Menyebar CV dan Langsung Dapat Kerja? Begini Caranya!

Mendukung Proses Audit Divisi HRD

Bukan hanya divisi keuangan yang harus diaudit secara teratur di perusahaan. Divisi HRD juga harus menjalani proses yang sama untuk memastikan segala proses kerja berlangsung sesuai Standard Operation Procedure (SOP) perusahaan.

Proses audit akan berlangsung secara cepat dan lancar bila tim HRD menyimpan semua data rekrutmen secara sistematis, termasuk menyimpan CV pelamar kerja. Database yang lengkap akan mempermudah tim audit dalam menilai kinerja para rekruter di perusahaan.

Membuat Proses Rekrutmen Selanjutnya Berlangsung Cepat

Perusahaan dengan tingkat turnover karyawan tinggi biasanya juga terbiasa menyimpan CV pelamar kerja. Kebiasaan tersebut dapat mempercepat proses rekrutmen selanjutnya ketika ada posisi kerja yang kosong.

Database CV bisa langsung diakses oleh tim HRD untuk menemukan kontak kandidat karyawan berkualitas yang pernah melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Merekrut Kandidat Karyawan pada Waktu atau Posisi Berbeda

Jalan mendapatkan pekerjaan memang tidak selalu mulus. Bahkan, bisa saja kamu ditawari posisi kerja yang berbeda dari pekerjaan yang kamu lamar. Jika tim HRD menilai sang pelamar kerja punya kemampuan lebih di bidang pekerjaan lain, kemungkinan besar tim HRD akan menyimpan CV pelamar kerja tersebut. Bukan mustahil bila kamu dihubungi di lain kesempatan untuk posisi kerja yang berbeda.

Mulai sekarang, kamu harus membuat CV secara profesional, ya. Kalau C kamu berkualitas, kemungkinan besar CV tersebut akan disimpan perusahaan tempat kamu melamar kerja. Kesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik pun tetap terbuka di lain waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here