Resume Diabaikan? Ini Mungkin Alasannya

Sumber : inc

Apakah Anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk untuk menulis apa yang Anda rasa akan jadi sebuah resume yang sempurna, tetapi selalu saja mendapati bahwa resume tersebut tidak mendapatkan tanggapan oleh HRD? Pasar kerja sifatnya memang sangat kompetitif. Jika resume diabaikan, ini berarti Anda gagal menarik perhatian di antara puluhan atau bahkan ratusan kompetitor yang ada setiap kali Anda melamar pekerjaan. Sebelum mengirimkan resume Anda ke posisi yang lain di perusahaan yang lain, cari tahu dulu apakah Anda melakukan hal-hal berikut ini yang, jika sampai terjadi, bisa berakibat resume diabaikan.

Apakah Resume Diabaikan Karena Hal-Hal Berikut Ini?

Cover Letter Anda Kurang Kuat

jenis resume
Sumber : aha

Banyak orang yang menghabiskan waktu berjam-jam bahkan sampai berhari-hari untuk mengerjakan resume, namun hanya menghasilkan cover letter klise dan tak menarik yang hanya akan membuat resume diabaikan begitu saja oleh HRD.

Cover letter dan resume Anda adalah satu tim. Ini harus benar-benar dibuat hebat dan efektif jika Anda ingin mendapatkan undangan wawancara. Habiskan waktu yang cukup untuk membuat sebuah cover letter yang orisinil, menginspirasi, dan dibuat spesifik khusus sesuai dengan setiap lowongan yang Anda lamar. Cover letter Anda harus mendetailkan mengapa Anda tertarik pada pekerjaan tersebut dan berikan ringkasan mengapa Anda kandidat yang paling tepat untuk pekerjaan tersebut.

Baca Juga: Mitos Menulis CV yang Membuat Anda Gagal Mendapatkan Pekerjaan

Profil Resume yang Tidak Disesuaikan

kesan buruk pada surat lamaran
Sumber: bankrate

Salah satu alasan resume diabaikan adalah konten yang terlalu global dan tidak dispesifikkan dengan setiap lamaran. Jika ini yang Anda lakukan, maka Anda memperkecil kesempatan Anda sendiri. Perekrut dan manajer HR yang sibuk memiliki setumpuk resume untuk dibaca setiap hari. Kemungkinan besar, resume Anda akan mendapatkan jatah beberapa detik saja sebelum diputuskan untuk disimpan atau dibuang. Profil resume Anda adalah senjata Anda yang terbaik untuk mendapatkan perhatian HRD serta menunjukkan nilai yang Anda bawa ke pekerjaan tersebut.

Buatlah profil resume yang singkat dan persuasif yang meringkas keahlian-keahlian kunci Anda, serta pengalaman dan hasil yang pernah Anda capai. Golnya adalah untuk menarik perekrut atau manajer HR agar tetap membaca dan mencegah resume diabaikan.

Resume Anda Terlalu Sulit Dibaca

tipe resume paling buruk
Sumber : careeraddict

Anda bisa jadi kandidat yang sempurna untuk pekerjaan yang Anda lamar, tetapi jika layout resume Anda tidak tepat, maka bisa-bisa akan berujung pada resume diabaikan. Semakin mudah resume Anda untuk dibaca dan diamati,  maka semakin besar kemungkinan resume Anda untuk benar-benar dibaca oleh perekrut dan bukannya sekedar untuk disingkirkan.

Habiskan waktu pula untuk mengamati seperti apa resume Anda jika dibaca. Gunakan font yang jelas dan sederhana serta pisahkan seksi-seksi yang Anda dengan spasi. Gunakan poin-poin bullet untuk daftar penting agar mudah dicerna, dan cetak tebal untuk menyoroti keahlian yang penting. Selalu ingatlah pula untuk menyertakan profil dan bagian keahlian inti. Ini akan memastikan bahwa HRD akan melihat nilai Anda, bahkan seandainya hanya memindai resume Anda selama 30 detik belaka.

Resume Anda Tidak Bisa Membuktikan “Dampak” Anda

Sumber : inc

Perekrut tidak terlalu tertarik pada detail tugas hari ke hari pekerjaan-pekerjaan Anda yang sebelumnya. Mereka lebih terkesan dengan dampak yang Anda buat pada pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Jika tak ingin diabaikan, jangan sekedar menulis sejarah kerja yang berisi apa saja posisi yang Anda pegang dan apa tugas sehari-hari Anda. Sertakan fakta, figur, dan metrik untuk membuktikan bahwa Anda dulunya adalah aset bagi perusahaan.

Selamat membuat resume yang lebih menarik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here