Terungkap! Alasan yang Membuat Suatu Bisnis Tidak Menerapkan WFH

Beberapa daerah di tanah air mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. Hal tersebut membuat sebagian perusahaan memberlakukan sistem Work From Home (WFH) bagi para karyawannya. Namun, tak sedikit bisnis yang tidak menerapkan WFH dan mengharuskan karyawan bekerja seperti biasa.

Ternyata, beberapa alasan inilah yang membuat beberapa sektor bisnis tidak menerapkan WFH meskipun PSBB sudah diberlakukan:

Proses Operasional Mesin Membutuhkan Tenaga Manusia

Tidak semua mesin di sektor manufaktur bisa beroperasi secara otomatis tanpa bantuan tenaga manusia. Masih banyak mesin-mesin yang harus dikendalikan oleh operator agar dapat beroperasi sepanjang hari. Faktor inilah yang membuat bisnis di sektor manufaktur tidak menerapkan WFH karena proses operasionalnya memang tidak bisa dilakukan tanpa kehadiran karyawan yang bertindak sebagai operator.

Di sisi lain, produksi harus terus berjalan untuk mencukupi permintaan pasar, terutama pada bidang industri makanan dan produk kesehatan.

Baca Juga: Sharing Economy Bisa Menjadi Solusi Finansial di Tengah Pandemi Covid-19

Harus Memberikan Pelayanan Secara Tatap Muka

Sektor bisnis tertentu juga tidak menerapkan WFH karena masih harus memberikan pelayanan secara tatap muka, misalnya sektor perbankan dan customer service provider telekomunikasi. Ada berbagai permasalahan yang tak bisa diselesaikan dengan laporan via telepon atau email.

Itulah sebabnya, layanan tatap muka masih harus diberlakukan meskipun dengan situasi yang sangat terbatas.

Pengemasan dan Distribusi Barang Harus Tetap Berlangsung

Bidang bisnis lainnya yang tidak menerapkan WFH adalah jasa ekspedisi. Proses pengemasan dan distribusi barang juga tidak dapat dilakukan di rumah, melainkan harus tetap berlangsung seperti biasa di gudang produksi atau kantor.

Bahkan, proses distribusi barang juga tak boleh terganggu sedikit pun karena barang pesanan pelanggan harus tiba tepat waktu tanpa terganggu oleh PSBB atau kendala lainnya.

Harus Melayani Pelanggan Secara Langsung

Bisnis retail merupakan bidang bisnis lainnya yang tidak menerapkan WFH. Walaupun saat ini bisnis retail juga mulai memanfaatkan sistem online, nyatanya proses transaksi secara langsung juga masih diminati sebagian besar masyarakat.

Para karyawan harus tetap melayani pelanggan secara langsung, menghitung stok barang, dan mengelompokkannya berdasarkan jenis (di supermarket dan minimarket).

Jasa Transportasi Juga Mesti Berhadapan dengan Pelanggan

Berbicara tentang bisnis yang tidak menerapkan WFH tentu tak lengkap tanpa menyebut bisnis jasa transportasi. Bisnis ride sharing (seperti ojek online dan taksi online) maupun transportasi konvensional sama-sama harus mengantar pelanggan ke tempat tujuan. Sektor bisnis ini justru rentan mengalami kemunduran bahkan kebangkrutan jika terpaksa tidak beroperasi sama sekali.

Kalau kamu termasuk karyawan di bidang bisnis yang tidak menerapkan WFH, jangan sampai lalai menjaga kesehatan. Pastikan kalau stamina kamu selalu prima agar tak mudah sakit di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang mengkhawatirkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here