Alasan Wanita Karier Menunda Kehamilan, Mana yang Paling Cocok Denganmu?

Banyak orang beranggapan bahwa keputusan wanita karier menunda kehamilan adalah hal egois. Meskipun sebenarnya anggapan tersebut tak selalu benar. Setiap wanita pasti memiliki pertimbangan tersendiri yang berkaitan dengan karier dan kehidupan pribadinya.

Biasanya beberapa hal inilah yang melatarbelakangi alasan wanita karier menunda kehamilan:

Ingin Fokus Meniti Karier

Tak dapat dipungkiri kalau fokus pada karier memang kerap menjadi alasan utama wanita karier menunda kehamilan. Sebab kehamilan dan buah hati dianggap membatasi aktivitas fisik dan keleluasaan wanita dalam bekerja.

Wanita karier yang memilih hal ini biasanya punya rencana matang mengenai program hamil yang akan dijalankan setelah target-target kariernya tercapai.

Baca Juga: 5 Hal Remeh Ini Ternyata Dapat Menghambat Wanita Karier

Berniat Mengumpulkan Biaya untuk Anak di Masa Depan

Keputusan wanita karier menunda kehamilan tak selalu buruk. Karena ternyata banyak wanita karier melakukan hal tersebut demi mengumpulkan biaya untuk anak di masa depan. Anak-anak memang memiliki banyak kebutuhan agar tumbuh kembangnya berlangsung maksimal.

Orang tua yang tidak ingin gegabah tentu merencanakan kehadiran momongan secara cermat agar segala kebutuhan buah hati bisa terpenuhi dengan baik.

Mau Menikmati Waktu Sepenuhnya Bersama Anak

Ada pula wanita karier menunda kehamilan karena merasa bahwa pekerjaan bisa menghalangi waktu berkualitas bersama anak. Alasan inilah yang membuat wanita karier belum mau hamil dan memilih untuk bekerja lebih giat demi mengumpulkan banyak uang.

Ketika telah hamil dan melahirkan, biasanya wanita karier yang satu ini memilih resign demi fokus merawat buah hati di rumah.

Pekerjaan Memiliki Risiko Kesehatan yang Tinggi

Bidang pekerjaan tertentu yang berkaitan dengan bahan-bahan kimia atau ranah pertambangan memang berisiko tinggi bagi kesehatan, terutama kesehatan wanita karier. Hal serupa juga terjadi pada kaum wanita yang bekerja di bidang kesehatan selama wabah COVID-19 masih berlangsung.

Risiko tersebut biasanya membuat wanita karier menunda kehamilan agar kesehatan calon buah hati tak terganggu. Alasan ini pula yang membuat wanita karier mesti mempertimbangkan perpindahan bidang kerja jika ingin memiliki anak dalam waktu dekat.

Kondisi Finansial Keluarga Sedang Tak Stabil

Kaum wanita karier kerap mempertimbangkan persiapan memiliki anak secara matang, termasuk dari segi kondisi finansial. Bila kondisi finansial keluarga sedang tak stabil, maka wanita karier menunda kehamilan dan mencari momen yang lebih tepat pada kesempatan lain. Terutama bila wanita karier sedang menjadi tulang punggung keluarga karena suami sedang tidak bekerja, mengalami kebangkrutan bisnis, atau baru di-PHK.

Intinya, keputusan wanita karier menunda kehadiran buah hati bukanlah suatu kesalahan besar yang harus menjadi bahan cemoohan. Kamu pun berhak melakukannya bila kamu punya alasan kuat demi kebaikan diri sendiri dan keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here