AlfaX, Uniknya Konsep Coworking Space dari Alfamart

AlfaX, konsep gerai unik Alfamart dengan fasilitas coworking space. (FOTO: Sumber: Twitter AlfaXId).

Konsep store kekinian dihamparkan Alfamart melalui AlfaX yang menawarkan servis coworking space. Dengan konsep coworking space, AlfaX menyediakan tempat nongkrong yang cozy dengan rasa milenial. Misinya, Alfamart ingin menggaet generasi anak muda, terutama dari kalangan mahasiswa, untuk betah berlama-lama di gerai mereka. 

Seperti layaknya konsep coworking space, AlfaX menjadi pilihan tempat untuk pengunjungnya melakukan pekerjaan di meja komunal ataupun ruangan pribadi. Menariknya, pengunjung bisa menikmati berbagai macam suguhan cemilan dan minuman yang tersedia di gerai. Bahkan, AlfaX juga menyediakan panggung mini untuk digunakan pengunjung. 

Sebagai jaringan ritel, konsep yang diusung Alfamart melalui AlfaX ini jelas mengejutkan publik. Konsep unik ini pun banyak mendapatkan sambutan positif dari publik. Meskipun penggunaannya masih terbatas karena masih diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga: Pakai Aplikasi Logique, New Normal bagi Karyawan Jadi Lebih Mudah

Kendati begitu, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) menjelaskan akan terus mengembangkan konsep ini setelah kondisi lebih kondusif. Sejak Januari 2020, AlfaX baru beroperasi di tiga lokasi yang berdekatan dengan kampus mengingat target pengunjung awal adalah mahasiswa. Yakni, Universitas Tarumanegara, Universitas Indonesia, dan Universitas Esa Unggul.

“Kami masih terus evaluasi dan karena pandemi, pengembangannya jadi tertunda. Dengan ini, kami memperpanjang evaluasi sampai dengan akhir tahun,” ujar Anggara Hans Prawira, Presiden Direktur AMRT, dilansir dari Kontan.

“Sambutan dari mahasiswa cukup baik, mereka banyak memanfaatkan AlfaX untuk mengerjakan tugas kelompok karena ruangan yang nyaman serta fasilitas lengkap. Tidak hanya itu, ruangan ini digunakan untuk bersosialisasi,” imbuh Nur Rahman, Corporate Communication General Manager AMRT.

Alfamart Gandeng Telkomsel untuk Solusi Berbasis IoT

Selain AlfaX, Alfamart juga tengah berinovasi dengan menjalin kolaborasi bersama Telkomsel. Alfamart menggandeng Telkomsel untuk menyediakan solusi berbasis Internet of Things (IoT). Solusi IoT ini akan diaplikasikan pada jaringan operasional wide area network (WAN) milik Alfamart. Yakni berupa IoT Managed Service Software-Defined Wide Are Network (SD-WAN).

Diharapkan inovasi ini akan meningkatkan produktivitas kerja dan performa bisnis, sekaligus efisiensi biaya operasional selama pandemi dan new normal. Ini bukan inovasi teknologi pertama yang dilakukan Alfamart. Dalam beberapa tahun terakhir, Alfamart gencar mentransformasi 14 ribu gerainya di seluruh Indonesia menjadi lebih digital. 

“Kami percaya kolaborasi ini tidak hanya memberikan manfaat bagi Alfamart, namun juga akan berdampak positif bagi industri retail di Indonesia melalui peningkatan kualitas layanan hingga pengembangan infrastruktur yang semakin menunjang efisiensi dan produktivitas,” jelas Bambang Setyawan Djojo, Direktur International Business & Technology Alfamart. 

Solusi kolaborasi bersama Telkomsel ini dilengkapi fitur Zero Touch Provisioning (ZTP) sehingga mencegah terjadinya kendala teknis. Pasalnya, perangkat keras dalam lingkup WAN Alfamart akan terkonfigurasi secara otomatis ke dalam ekosistem berbasis cloud.

Ekosistem berbasis cloud ini juga mempermudah sistem operasional jaringan yang terotomatisasi dan terintegrasi secara end-to-end. Terkait efisiensi operasional, solusi SD-Wan akan memangkas proses pengendalian perangkat dan pengamanan jaringan secara mandiri yang biasanya membutuhkan biaya besar. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here