Anak Belanja In-App Purchase Gim Online, Ibu di Kediri Ini Dapat Tagihan Rp 11 Juta

in-app purchase
sumber: kompas

Seorang ibu di daerah Kediri, Jawa Timur terkaget-kaget bukan kepalang ketika mendapatkan tagihan sebesar Rp 11.994.000. Tagihan tersebut ternyata merupakan hasil transaksi sang buah hatinya sendiri yang membeli in-app purchase untuk beberapa judul gim di perangkat smartphone. Berdasarkan pengakuan sang ibu, anaknya yang masih berusia 12 tahun dan duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 6 itu membeli beberapa barang di dalam gim tanpa sepengetahuannya.

Saat ini, sang ibu yang memiliki nama lengkap Ririn Ike Wulandari (37) itu sedang berusaha untuk membatalkan setiap transaksi yang dilakukan oleh anaknya. Ririn juga mengunggah kisahnya itu melalui akun Facebook pribadinya. Berdasarkan pengakuannya, sang anak menggunakan identitas ayahnya untuk membeli in-app purchase melalui kartu pascabayar salah satu provider telepon seluler di Indonesia pada tanggal 9 April 2019.

Upaya Membatalkan Transaksi In-App Purchase

Seperti yang dilansir dari Kompas, rincian pembelian in-app purchase yang dilakukan oleh buah hati Ririn terdiri dari Rp 3.431.000 untuk gim Mobile Legends, Rp 6.577.000 untuk gim Free Fire, serta gim Minecraft dengan total tagihan Rp 789.000. Jika dijumlahkan, maka seluruhnya bernilai Rp 11.994.000 termasuk biaya pajak pembelian.

Baca Juga: Kasus Bullying di Kalangan Pelajar Indonesia Semakin Memperihatinkan

Ririn juga mengatakan bahwa anaknya telah melakukan transaksi pembelian sebanyak 49 kali di Google Play. Sejauh ini, Ririn sudah berhasil membatalkan transaksi untuk gim Minecraft sebesar Rp 789.000. Sedangkan, jika mengacu kepada peraturan di Google Play, konsumen berhak mengajukan klaim keberatan untuk pembelian in-app purchase sebelum 90 hari dari waktu transaksi pembelian dilakukan.

Upaya pembatalan transaksi yang sedang dilakukan oleh Ririn juga harus dilakukan secepat mungkin, sebelum masa jatuh tempo pembayaran telepon seluler pascabayar pada tanggal 20 setiap bulannya. Beruntung, Ririn mendapatkan berbagai saran dan tips dari banyak pihak, salah satunya dari Komika Reza Pallevi.

Berkaca dari kasus yang menimpa Ririn, ada baiknya bagi para pemilik telepon seluler, khususnya dengan metode pascabayar untuk menggunakan sistem kata sandi ganda (double secure password). Hal ini bertujuan agar tragedi serupa tidak terjadi lagi. Adapun sistem pengamanan yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan konfirmasi via email, maupun via sidik jari ketika ingin melakukan transaksi in-app purchase.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here