Yuk, Lakukan Langkah Antisipasi bila Kontrak Kerja Tidak Diperpanjang!

Mencari lowongan pekerjaan tetap memang tidak mudah. Saat ini banyak perusahaan memilih mempekerjakan karyawan dengan sistem kontrak karena pertimbangan tertentu. Kontrak kerja tidak diperpanjang menjadi risiko yang tak bisa dihindari para karyawan kontrak.

Karena risiko kontrak kerja tidak diperpanjang bisa terjadi setiap waktu, apa saja yang harus kamu persiapkan untuk mengantisipasi hal tersebut?

Jangan Pernah Lupa dengan Waktu Perpanjangan Kontrak

Salah satu hal penting yang harus dilakukan demi mengantisipasi kontrak kerja tidak diperpanjang adalah mengingat waktu perpanjangan kontrak. Hal sederhana ini penting untuk melindungi hak-hak kamu yang berstatus sebagai karyawan kontrak.

Kamu tak perlu segan mengajukan pertanyaan tentang perpanjangan kontrak bila kontrak kerja memang telah habis. Dengan demikian, kamu bisa memperoleh hak sesuai dengan ketentuan dalam kontrak yang berlaku.

Baca Juga: Mengapa Perusahaan Cuma Memperpanjang Kontrak Kerjamu?

Menekuni Pekerjaan Sampingan atau Bisnis Sampingan

Tak masalah bila saat ini kamu berstatus sebagai karyawan kontrak. Kamu masih bisa mengembangkan potensi diri dengan cara menekuni pekerjaan sampingan atau bisnis sampingan. Selain menghasilkan pendapatan tambahan, pekerjaan atau bisnis sampingan juga dapat menjadi rencana cadangan jika tiba-tiba kontrak kerja tidak diperpanjang.

Sehingga kamu pun tak perlu terlalu khawatir dengan kelangsungan hidup meskipun saat ini kamu berstatus karyawan kontrak.

Dana Darurat Harus Selalu Tersedia

Semua orang memang harus memiliki dana darurat, terutama kamu yang berstatus karyawan kontrak. Risiko kontrak kerja tidak diperpanjang memang membuat kamu harus ekstra cermat mengelola kondisi finansial pribadi. Idealnya, dana darurat harus mampu mencukupi kebutuhan pribadi (bagi para lajang) selama minimal 4 bulan.

Sementara itu, kamu yang sudah berkeluarga justru harus menyiapkan dana darurat yang lebih besar lagi untuk memenuhi kebutuhan keluarga selama 12 bulan.

Menjalin Relasi Profesional Semaksimal Mungkin

Bekerja bukan sekadar bertujuan untuk mencari uang. Lebih dari itu, kamu juga mesti memanfaatkan aktivitas kerja sebagai momen untuk menjalin relasi profesional. Jika seandainya nanti kontrak kerja tidak diperpanjang, bukan mustahil bila kamu mendapatkan peluang kerja baru dari para relasi. Jangan segan untuk memulai interaksi dengan semua orang yang dikenal di dunia kerja. Karena peluang emas untuk kelangsungan karier memang tak pernah bisa diprediksi.

Intinya, risiko kontrak kerja tidak diperpanjang harus diantisipasi sejak dini. Jadilah karyawan kontrak yang cerdas mengelola finansial dan memanfaatkan peluang besar demi karier yang lebih cemerlang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here