Yuk Mencermati Masa Kadaluarsa Lowongan Kerja, Jangan Asal Kirim Lamaran!

Mencari lowongan pekerjaan memang sering membuat orang jadi galau. Akibatnya, mayoritas orang cenderung sembarangan melamar pekerjaan ketika menemukan lowongan. Hal tersebut sebenarnya tak boleh dilakukan sebab masa kadaluarsa lowongan kerja patut dipertimbangkan.

Hingga saat ini tak banyak orang yang menyadari perihal masa kadaluarsa lowongan kerja. Agar kamu tak berharap muluk-muluk pada lowongan kerja yang sudah kadaluarsa, sebaiknya kamu memahami beberapa hal penting ini.

Berapa Lama Masa Berlaku Lowongan Kerja?

Idealnya, suatu lowongan kerja berlaku selama kurang lebih satu bulan sejak diumumkan secara konvensional maupun melalui internet. Peluang mendapatkan pekerjaan akan semakin besar jika lowongan pekerjaan baru dipublikasikan kurang dari dua minggu. Kamu bisa lekas mengirim lamaran kerja jika menemukan lowongan tersebut.

Sebaliknya, masa kadaluarsa lowongan kerja biasanya terjadi setelah lebih dari satu bulan pasca publikasi. Sebenarnya tak ada salahnya bila kamu tetap mencoba mengirimkan lamaran pekerjaan meskipun peluang diterima kerja relatif kecil.

Baca Juga: Trik-Trik Efektif Memanfaatkan Website Lowongan Kerja Secara Maksimal

Mengapa Lowongan Kerja Kadaluarsa Masih Dipublikasikan?

Meskipun masa kadaluarsa lowongan kerja sudah lewat, biasanya lowongan kerja tersebut masih dipublikasikan dan dapat diakses oleh semua orang karena beberapa hal berikut ini:

  • Pihak perusahaan lupa menghapus informasi lowongan kerja yang diunggah di internet.
  • Informasi lowongan kerja tidak cuma tercantum pada website resmi perusahaan, melainkan juga disadur oleh portal lowongan kerja. Sayangnya, portal lowongan kerja pun kerap lupa menghapus informasi tersebut meskipun lowongan kerja telah ditutup.
  • Tim HRD perusahaan sengaja memasang lowongan kerja terus-menerus karena berharap bisa menemukan kandidat karyawan berkualitas dan menyimpan informasi kandidat karyawan tersebut untuk digunakan pada kesempatan lainnya.
  • Perusahaan membutuhkan banyak karyawan sehingga lowongan kerja yang sudah lebih dari satu bulan tetap dipublikasikan, bahkan masa berlakunya malah bisa mencapai lebih dari tiga bulan.

Cara Terbaik Menyikapi Lowongan Kerja Kadaluarsa

Sebenarnya kamu tak harus selalu terpaku pada masa kadaluarsa lowongan kerja. Kamu bisa melakukan beberapa hal ini bila menemukan lowongan kerja yang sudah lama dipublikasikan:

  • Jika menemukan lowongan kerja yang dipublikasikan secara konvensional (misalnya melalui spanduk di depan pabrik), jangan ragu menanyakan ketersediaan lowongan pada orang-orang di perusahaan tersebut, misalnya bertanya pada staf keamanan atau receptionist.
  • Lowongan kerja yang dipublikasikan di forum-forum internet biasanya lebih mudah disikapi. Orang yang memberikan informasi lowongan kerja (biasanya disebut Thread Starter atau TS) akan memberikan update informasi secara real time mengenai ketersediaan lowongan tersebut.
  • Tak ada salahnya kalau kamu langsung mencoba mengirim lamaran pekerjaan setelah menemukan lowongan kerja. Karena bisa saja masih ada kesempatan kerja yang terbuka meskipun lowongan tersebut sudah dipublikasikan sejak lama.

Walaupun masa kadaluarsa lowongan kerja tak bisa menghalangimu untuk mengirimkan surat lamaran, Kamu tetap harus lebih teliti mencari informasi. Sehingga kamu bisa mendapatkan info lowongan kerja up to date dan peluang diterima kerja pun akan semakin besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here