Hybrid Employee: Meningkatkan Kesempatan Kerja dengan Skill Tambahan

Jumlah pencari kerja yang tidak sebanding dengan tersedianya lapangan kerja membuat kesempatan kerja semakin kecil. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menyiasatinya dengan menjadi hybrid employee.

Apa sih yang dimaksud dengan hybrid employee?

Hybrid employee sering disebut pula dengan karyawan multi talenta, yaitu pekerja atau karyawan yang punya lebih dari satu jenis skill atau kemampuan. Kedua jenis skill tersebut bisa saja tidak berhubungan sama sekali antara satu dengan yang lainnya. Semisal, seorang karyawan multi talenta bisa memiliki kemampuan dibidang IT dan marketing.

Banyak yang beranggapan, untuk menjadi karyawan multi talenta yang baik, diperlukan dua skill yang saling bertolak belakang. Semisal, skill yang mengandalkan logika dan skill yang mengandalkan intuisi. Atau, gabungan antara hard skill dan soft skill. Pada intinya, semakin lengkap skill yang dimiliki seseorang, maka kesempatan kerjanya semakin terbuka.

Hybrid Job Bertambah, Hybrid Employee Dibutuhkan

Semakin pesat perkembangan teknologi dan percepatan informasi, semakin banyak pula hybrid job bermunculan. Hybrid job adalah jenis pekerjaan yang membutuhkan lebih dari satu jenis skill atau kemampuan.

Umumnya, salah satu skill dan kemampuan yang harus dimiliki adalah kemampuan di bidang pengolahan data atau penggunaan teknologi. Hal ini berlaku di hampir semua sektor dan jenis industri.

Oleh karenanya, karyawan dituntut harus memiliki skill dan kemampuan yang lengkap. Agar mampu bersaing dengan karyawan lainnya. Selain itu, karyawan tersebut mampu memenuhi kebutuhan dari perusahaan yang dilamarnya.

Baca Juga: Employee Centric Company: Puaskan Pelanggan, Perhatikan Karyawan

Cara Menjadi Hybrid Employee

Untuk bisa menjadi hybrid employee ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya, yaitu mengasah kemampuan di bidang teknologi. Kamu juga bisa mempelajari kemampuan mengolah dan menganalisa data.

Sedangkan bagi yang belum memiliki skill di bidang manajemen, ada baiknya kamu menguasai pula skill manajemen. Yang tidak kalah penting, kamu harus selalu kreatif, mau berinovasi dan mengasah soft-skill yang kamu miliki.

Apakah Pekerjaanmu Membutuhkan Karyawan Multi Talenta?

Untuk yang sekarang sudah bekerja, bisa saja pekerjaanmu sekarang sebenarnya sudah merupakan hybrid job. Hanya saja kamu belum menyadarinya. Atau, semakin lama pekerjaanmu yang sekarang akan berubah menjadi hybrid job.

Untuk mengetahui apakah kamu memiliki hybrid job atau tidak, perhatikan apakah kamu banyak bekerja dengan data atau sering menganalisa tren yang ada. Kalau iya, besar kemungkinan kamu memiliki hybrid job. Kalau perusahaan mewajibkan kamu untuk mengikuti seminar atau pelatihan untuk mengembangkan skill yang berbeda, maka besar kemungkinan pekerjaanmu juga hybrid job.

Seiring perkembangan zaman, hybrid job akan semakin bermunculan dan semakin berkembang. Hanya hybrid employee lah yang bisa mengerjakannya. Sementara, pekerjaan yang bukan hybrid job semakin lama akan semakin ditinggalkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here