Drip Marketing: Strategi Menggaet Pelanggan yang Dilakukan Perlahan-lahan

Banyak pebisnis beranggapan bahwa pemasaran bisnis harus dilakukan secara agresif untuk memperoleh hasil secepat mungkin. Namun, anggapan tersebut sebenarnya keliru karena membangun brand bisnisjustru mesti dilakukan secara matang dan perlahan-lahan. Salah satu contohnya, drip marketing.

Mari berkenalan dengan drip marketing supaya kamu bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk mendukung bisnis!

Apa Itu Drip Marketing?

Drip marketing adalah strategi pemasaran bisnis yang kerap dilakukan secara perlahan-lahan dan butuh waktu lama, persis seperti menunggu tetesan-tetesan air. Strategi ini biasanya dilakukan melalui email dan media sosial.

Tim marketing menyiapkan bahan untuk dikirim atau dipublikasikan secara berulang-ulang dalam jangka waktu lama. Tujuannya tentu saja sebagai upaya personal branding sekaligus membuat masyarakat tertarik ingin membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca Juga: Guerrilla Marketing: Teknik Promosi Minimalis Demi Mendapat Hasil Maksimal

Mengenal Aneka Jenis Drip Marketing

Ternyata drip marketing bisa diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu,

  • Top of Mind Drip: upaya membuat brand melekat kuat di ingatan masyarakat sehingga akhirnya mempengaruhi keputusan masyarakat untuk membeli.
  • Educational Drip: memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bisnismu sehingga peluang membeli semakin besar.
  • Re-engagement Drip: kembali menjalin hubungan dengan pelanggan yang sudah lama tidak melakukan pembelian. Strategi ini harus mampu menggugah keingintahuan pelanggan yang pernah membeli produk atau jasa dari bisnismu.
  • Competitive Drip: meyakinkan calon pelanggan bahwa produkmu lebih unggul. Biasanya strategi ini disertai dengan promosi tentang keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Promotional drip: rutin memberikan diskon atau penawaran menarik lainnya (misalnya buy 1 get 1) untuk memikat perhatian pelanggan.
  • Training drip: briefing yang disampaikan pada anggota baru dalam tim bisnis agar anggota tersebut lebih memahami karakteristik produk atau jasa.

Langkah-Langkah Melakukan Upaya Pemasaran

Kamu mesti mengikuti beberapa langkah ini drip marketing membuahkan hasil sesuai keinginan:

  • Menentukan target yang jelas (mulai dengan membuat mailing list atau mengumpulkan followers di media sosial).
  • Menyusun rencana konten yang akan diperkenalkan kepada target.
  • Membuat konsep campaign yang menarik, relevan dengan bisnis, dan up to date karena mengikuti tren yang sedang digandrungi.

Melakukan evaluasi secara teratur agar strategi bisnis bisa diperbaiki secara berkesinambungan. Menggugah loyalitas pelanggan melalui drip marketing memang butuh waktu lama. Namun, yakinlah bahwa hasilnya lebih maksimal dibandingkan cara-cara instan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here