Mengenal Manfaat Surat Paklaring bagi Para Karyawan

Kamu pernah dengar tentang surat paklaring?

Istilah surat paklaring memang masih asing bagi banyak orang karena namanya lebih dikenal dengan sebutan surat keterangan kerja. Kendati demikian, manfaat surat paklaring bagi seorang karyawan ternyata sangat beragam.

Surat paklaring biasanya memuat banyak info tentang seorang karyawan, mulai dari data pribadi (nama lengkap, Nomor Induk Karyawan, tanggal lahir), jabatan, lama bekerja, dan sejumlah informasi penting lainnya.

Penasaran tentang berbagai manfaat surat paklaring tersebut? Inilah ulasan selengkapnya!

Pencairan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu manfaat surat paklaring yang esensial adalah mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan. Pencairan dapat dilakukan ketika sudah memasuki masa pensiun atau berada pada kondisi khusus tertentu. Kamu harus membawa fotokopi surat paklaring ke Dinas Ketenagakerjaan untuk mendapatkan legalisir.

Di samping itu, kamu juga mesti memastikan kalau tanggal berhenti kerja pada surat paklaring sudah sesuai dengan data pada dokumen BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Hati-Hati! Depresi Pra Pensiun Sering Mengintai Tanpa Disadari

Mengajukan Beasiswa Jalur Profesional

Bukan hanya pelajar atau mahasiswa yang berkesempatan memperoleh beasiswa. Kamu yang sudah berstatus karyawan juga bisa mendapatkannya untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Manfaat surat paklaring sangat penting sebagai salah satu lampiran dalam pengajuan beasiswa jalur profesional.

Surat tersebut menunjukkan bahwa kamu adalah karyawan resmi yang punya peluang besar untuk memperoleh beasiswa sesuai dengan bidang kerjamu.

Meminjam Dana dari Bank

Kalau kamu berencana meminjam dana dari bank untuk bisnis atau cicilan (rumah atau kendaraan bermotor), kamu juga harus memiliki surat paklaring. Manfaat surat paklaring dalam hal ini berfungsi sebagai jaminan bahwa kamu punya pekerjaan tetap sehingga mampu membayar pinjaman secara lancar.

Surat paklaring biasanya harus disertakan dengan slip gaji, rekening koran, dan dokumen penting lainnya sewaktu mengajukan pinjaman.

Membuat Kartu Kredit

Selain untuk meminjam dana atau mengajukan kredit, manfaat surat paklaring juga penting untuk membuat kartu kredit. Hampir sama dengan pengajuan pinjaman dana ke bank, pihak bank juga harus mengetahui kesanggupan finansialmu sebelum meloloskan pengajuan pembuatan kartu kredit.

Itulah sebabnya, karyawan tetap lebih mudah mendapatkan persetujuan kartu kredit dibandingkan pekerja sektor informal.

Melamar Pekerjaan ke Tempat Lain

Ternyata, ada segelintir perusahaan yang mengharuskan kandidat karyawannya melampirkan syarat berupa surat paklaring. Hal tersebut dilakukan sebagai bukti bahwa kandidat karyawan memang memberikan informasi jujur seputar perkembangan kariernya.

Manfaat surat paklaring untuk kebutuhan yang satu ini tentu harus dilengkapi cap perusahaan dan kontak jelas yang dapat dihubungi.

Nah, kamu sudah tahu kan beragam manfaat surat paklaring yang penting untuk perkembangan karier pribadi maupun hal-hal lainnya. Jangan ragu meminta surat keterangan tersebut bila kamu sedang membutuhkannya dan jangan lupa meminta pencantuman informasi penting tentang dirimu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here