Apa Sih Manfaat Mencatat Pengeluaran Bulanan? Simak Ulasan Ini Ya!

Mencatat pengeluaran bulanan mungkin bukan kegiatan yang menyenangkan. Pasalnya, kamu harus begitu teliti dan telaten dalam memeriksa penggunaan uang. Padahal, ada kalanya pembelian barang-barang kecil sering terlupakan begitu saja ya.

Meski terkesan repot, mencatat pengeluaran bulanan sebenarnya ada manfaatnya loh. Kamu dapat merasakan hal-hal positif ini jika rutin melakukannya. Ini salah satu kunci buat kamu belajar mengelola keuangan juga.

Membantumu Memahami Diri Sendiri

Rutin mencatat pengeluaran bulanan membantumu mengenal kebiasaan membelanjakan uang yang kamu miliki. Dari catatanmu tersebut, kamu dapat membaca dan memahami apa saja jenis pengeluaran bulananmu. Benarkah selama ini kamu sudah menggunakan gajimu dengan bijak?

Lama-lama kamu jadi mengerti mana yang jadi kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan semata. Pada akhirnya, kamu mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Apakah kamu termasuk kategori boros, hemat, atau justru pelit?

Baca Juga: Manakah Pengeluaran Akhir Tahun yang Paling Menguras Isi Dompetmu?

Lebih Mindful dalam Menggunakan Uang

Setelah paham akan diri sendiri, maka kamu bisa selangkah lebih bijak dalam membelanjakannya. Andai kamu tipe boros, kamu lebih waspada atau berpikir dua kali untuk belanja hal tak penting. Sebaliknya, kamu menjadi lebih menghargai diri sendiri jika terlanjur sering terlalu hemat hingga pelit.

Mencatat pengeluaran bulanan melatih kepekaan kamu saat menerima gaji bulan berikutnya. Godaan diskon sebesar apa pun tidak akan mudah menggoyahkanmu andai kamu tahu prioritasmu. Intinya, kamu sanggup mengendalikan arus pengeluaran uang, bukan sebaliknya.

Mampu Membuat Perencanaan Keuangan

Terakhir, mencatat pengeluaran bulanan adalah bekal utama dalam membikin rencana keuangan. Kamu sanggup mengestimasi besaran biaya yang harus dikeluarkan tiap bulannya. Dengan begitu, anggaran untuk menabung dan investasi pun bisa ditentukan.

Lama-kelamaan, kamu tidak hanya mahir bikin perencanaan bulanan, tapi juga jangka panjang. Kamu terlatih berpikir jangka pendek hingga panjang, mulai dari rencana dana liburan, membeli barang, menikah, hingga pensiun. Kelak saat berkeluarga nanti, kamu tak lagi bingung mengurus uang deh.

Yuk, belajar disiplin mencatat pegeluaran bulanan mulai sekarang! Nggak hanya kerena banyak manfaat, tapi juga sebagai bentuk kesadaran diri untuk bertanggung jawab sama gaji kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here