Belanja Sayur Online Kini Bisa Pakai Aplikasi diPasar, Tetap #DiRumahAja

Aplikasi diPasar meramaikan bisnis belanja sayur online sebagai solusi memenuhi kebutuhan pangan selama masa karantina pandemi COVID-19. Aplikasi diPasar diluncurkan oleh Digiasia melalui rekannya, PT Berdaya Pasar Digital, yang mendukung Induk Koperasi Pedagang Pasar (INKOPPAS) dan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI).

Peluncuran aplikasi diPasar dilakukan pada 8 Mei silam oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Meski baru beroperasi di Kota Bandung, kehadiran diPasar menambah marak aplikasi belanja sayur online yang sudah menjelajahi wilayah Jabodetabek.

Melalui aplikasi diPasar, konsumen bisa belanja sayur online dari beberapa pasar tradisional, seperti Pasar Sederhana, Pasar Cijerah, Pasar Kosambi, Pasar Ciwastra, Pasar Ujung Berung, dan Pasar Andir. Untuk sistem pembayarannya, diPasar menyediakan layanan uang elektronik melalui aplikasi, dan dengan kartu kredit, serta kartu debit.

Kehadiran diPasar tak hanya menjadi solusi bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka selama masa pandemi, tetapi juga solusi ekonomi bagi para pedagang. Maklum, sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tingkat transaksi di pasar tradisional menurun.

“Penerapan aturan social distancing atau Pembatasan Sosial Berskala Besar menyebabkan semakin berkurangnya kunjungan masyarakat ke pasar tradisional. Sehingga bisa dikatakan bahwa pendapatan para pedagang sangat minim sekali,” ujar Ketua Umum INKOPPAS, Ferry Joko Juliantono.

“Untuk itu, kami berterima kasih kepada Digiasia Bios melalui PT Berdaya Pasar Digital yang telah membantu mewujudkan komitmen kami menyediakan pelayanan digital bagi pedagang pasar dan masyarakat,” tuturnya.

10 Aplikasi Belanja Sayur Online Lainnya agar Belanja Aman Selama Pandemi

Sebelum peluncuran diPasar, layanan belanja sayur online sudah diramaikan oleh beberapa startup yang menjadi jembatan antara petani dengan konsumen. Berikut ini aplikasi belanja sayur online yang bisa menjadi pilihan kamu selama #DiRumahAja.

1. Sayurbox

Sumber: Sayurbox.com

Sayurbox telah beroperasi sejak tahun 2016. Dengan slogan “Klik, Panen, Kirim”, Sayurbox berkomitmen untuk menyediakan produk sayur, buah dan daging yang segar bagi konsumennya. Melalui pemesanan di aplikasinya, Sayurbox akan mengirimkan produk kurun 24 jam setelah pemesanan.

Bagi petani, kehadiran Sayurbox membantu perekonomian mereka karena mampu memutus mata rantai suplai. 

2. Tanihub

Sumber: Tanihub.com

Seperti Sayurbox, Tanihub lahir sebagai startup yang menghubungkan petani dengan konsumen. Ini komitmen Tanihub untuk meningkatkan perekonomian para petani di Indonesia. Namun, sekarang Tanihub tak hanya menawarkan produk segar dari tangan petani, tetapi juga produk kemasan. Misalnya, bumbu dapur kemasan dan saus sambal.

Bagi konsumen yang ingin belanja sayur online dalam jumlah besar, Tanihub bisa menjadi pilihan. Pasalnya, untuk beberapa produknya, Tanihub menerapkan pembelian minimal 1 kg. 

3. RegoPantes

Aplikasi belanja sayur online ini merupakan layanan dari startup 8villages yang berdiri sejak tahun 2013. Produk pertanian yang dihasilkan para petani RegoPantes dilengkapi dengan sistem barcode. Sehingga konsumen bisa menyimpan informasi asal usul produk dan profil petani.

RegoPantes menyediakan layanannya bagi konsumen dan pelaku bisnis restoran di daerah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, dan NTB.

4. Brambang

Sumber: Brambang.com

Layanan belanja sayur online lainnya disediakan oleh Brambang. Namun, tak hanya produk sayur, Brambang juga menyediakan produk bumbu dan rempah, makanan ringan, bahan pembuatan kue, hingga makanan beku.

Melalui platform Brambang, konsumen juga bisa membeli makanan olahan yang siap saji. Misalnya, daging ayam dan sapi dengan bumbu chicken teriyaki, beef bulgogi, dan beef yakiniku.

5. Kecipir

Sumber: Kecipir.com

Meski menawarkan layanan serupa seperti startup belanja sayur online lainnya, Kecipir melengkapi layanannya dengan bahan-bahan makanan spesial. Misalnya, daun kucai, kenikir, daun ginseng, pohpohan, antanan, atau rosella yang sulit didapat.

Produk-produk yang ditawarkan Kecipir merupakan produk segar dari tangan para petani sebagai mitranya.

6. TukangSayur.co

Bagi kamu yang menjalani PSBB di luar pulau Jawa, pasokan dapur kamu bisa dipenuhi oleh TukangSayur.co. Pasalnya, aplikasi belanja sayur online ini juga mencakup area Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Sulawesi.

Produk yang ditawarkan pun beragam. Tak hanya sayur, TukangSayur.co juga menyediakan ikan segar dan olahan, serta makanan siap saji seperti bubur kacang hijau atau terong balado.

7. CariSayur

Seperti diPasar, CariSayur juga bekerja dengan pasar induk dalam memasok produk-produk bahan pangan. Platform belanja online ini menyediakan sayuran segar, buah-buahan, dan bumbu makanan berkualitas dari pasar induk dengan harga kompetitif.

8. Tumbasin.id

Sumber: Tumbasin.id

Untuk kamu yang berdomisili di Semarang, Tumbasin.id siap mengantarkan produk pangan langsung ke rumah kamu. Aplikasi belanja sayur online ini menyediakan sayur, buah, daging, bumbu masakan, sembako, dan seafood dari pasar-pasar tradisional di Semarang. Salah satunya, Pasar Karangayu dan Pasar Pedurungan.

9. Nyayur

Sumber: Nyayur.com

Aplikasi belanja sayur online di luar Jabodetabek lainnya juga ditawarkan oleh Nyayur. Aplikasi ini khusus melayani wilayah Salatiga, Surabaya, dan Jember. Tak hanya produk sayuran, Nyayur juga menyediakan makanan siap saji, sembako, hingga produk rumah tangga seperti sabun cuci.

10. Happy Fresh

Bila aplikasi belanja sayur online lainnya bekerja sama dengan para petani dan pedagang pasar tradisional, HappyFresh menggandeng toko pangan dan produk khusus sebagai mitranya.

Konsumen bisa mendapatkan produk-produk dari toko favoritnya tanpa harus keluar rumah, melainkan melalui HappyFresh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here