Aplikasi Kemanayo Tawarkan Rencana Perjalanan dengan Lebih Personal

Ilustrasi persiapan perjalanan. (FOTO: Shutterstock)

Survei Rakuten Insight menunjukkan pengguna platform perjalanan daring di Indonesia mencapai 52 perjalanan hingga November 2020. Meski industri travel terkena dampak besar pandemi COVID-19, startup travel baru justru lahir. Startup perjalanan lokal, Kemanayo, resmi meluncur sejak Januari 2021 sebagai solusi untuk mengatur perjalanan dan liburan secara personalisasi.

Dengan berbasis website dan mobile app, Kemanayo menyediakan rencana perjalanan tematik. Rencana perjalanan ini berisikan panduan perjalanan lengkap, detail kegiatan, dan peta digital sebagai petunjuk arah. Kemanayo juga memberikan rekomendasi dari kontributor perjalanan agar pengguna bisa menikmati destinasi tujuannya secara lebih dekat dan personal.

Perjalanan personal pengguna diharapkan akan semakin terkesan dengan tambahan informasi mengenai spot foto menarik. Tak hanya itu, pengguna Kemanayo juga bisa memperoleh tips dan trik foto agar pengalaman perjalanan mereka mengesankan.

“Kami ingin memudahkan traveler dalam berlibur dan membantu mereka menghemat waktu pencarian destinasi wisata. Sehingga membuat perjalanan dan kunjungan yang dilakukan ketika berlibur lebih berkualitas,” ujar Rizal Azhar, CEO Kemanayo. 

Baca Juga: Jangan Terlalu Workaholic! Yuk, Rasakan Manfaat Travelling untuk Bisnis

Sementara itu, menurut survei Rakuten, aktivitas pengguna platform perjalanan daring didominasi oleh reservasi perjalanan dan penginapan. Saat ini platform perjalanan daring belum fokus pada rencana perjalanan yang lengkap. Sehingga masih banyak potensi destinasi wisata yang belum dioptimalkan.

Hal ini menarik perhatian Kemanayo untuk memberikan servis yang lebih personal dan dekat bagi para pengguna platform mereka. Terlebih, menurut studi yang dikeluarkan McKinsey, dampak pandemi memberikan perubahan sikap dan preferensi wisatawan. Ditengarai wisatawan akan lebih memilih perjalanan dengan pengalaman personal. 

“Apa yang Kemanayo tawarkan memungkinkan adanya pengalaman yang lebih personal karena setiap rencana perjalanan disusun langsung oleh para travel contributor yang mengenal seluk-beluk suatu destinasi,” jelas Rizal. 

Untuk menyediakan pengalaman personal bagi wisatawan, Kemanayo memang langsung mengandeng kontributor perjalanan lokal sebagai mitra. Kontributor Kemanayo akan mendapatkan pembagian hasil hingga sebesar 50 persen dari setiap rencana perjalanan yang terjual. 

Posisi kontributor ini terbuka bagi pemandu wisata, komunitas, travel blogger, jurnalis, dan masyarakat umum. Kemanayo juga membuka peluang bisnis bagi pelaku bisnis dan UMKM untuk memasarkan layanan dan produk mereka melalui rencana perjalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here