Aplikasi Streaming Musik Resso, Bidik Gen Z Berekspresi Lewat Musik

Sumber: Resso

Aplikasi streaming musik Resso melihat peluang besar untuk menggaet konsumen Gen Z dan milenial di tengah pandemi COVID-19. Aplikasi keluaran Bytedance yang juga memiliki TikTok ini menawarkan pengalaman konser yang bisa dinikmati penikmat musik secara online, atau melalui aplikasi Resso.

Pengalaman offline yang dialihkan menjadi online ini memang keunggulan Resso melalui fitur-fiturnya yang interaktif. Resso memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan musisi favoritnya secara online melalui fitur Comment. Pengguna bisa meninggalkan komentarnya di setiap lagu yang terdapat di Resso, dan sang musisi bisa membalas komentar penggemarnya.

Interaksi langsung juga difasilitasikan Resso melalui konser virtual di sosial media Resso yang digelar selama pandemi ini. Tak hanya untuk memuaskan kerinduan pengguna untuk menikmati live musik, konser virtual menjadi salah satu bentuk apresiasi Resso kepada para musisi yang terhenti aktivitasnya karena pandemi. 

“Musik industri terdampak oleh pandemi. Data dari World Economic Forum, 10 miliar pendapatan di industri musik dunia menurun karena pandemi. Di Indonesia, ada beberapa festival yang gagal. Tapi, kami melihat tren bergeser, sekarang menjadi ke music streaming,” Cristo Purba, Head of Music & Content Resso Indonesia dalam webinar The NextDev Hub kemarin.

“Orang yang tidak bisa nonton konser secara live selama pandemi, akhirnya beralih ke music streaming,” imbuhnya.

Baca Juga: Startup Qiscus, Solusi Permudah Komunikasi Bisnis di Tengah Pandemi

Aplikasi Musik Streaming Resso Mudahkan User Sharing Lirik Lagu Favorit ke Sosial Media

Lebih lanjut, Cristo menjelaskan perubahan tren menikmati musik offline menjadi online di Indonesia juga dipengaruhi adanya kenaikan 23 persen penggunaan sosial media. Sebanyak 37 persen penggunaan sosial media berupa konten-konten hiburan, dan akses musik streaming meningkat sembilan persen.

Peningkatan akses musik streaming dan sosial media selama pemberlakuan social distancing memberikan sinyal positif bagi Resso yang diluncurkan di Indonesia pada Maret silam. Terlebih, berdasarkan survei yang dilakukan Resso, 80 persen Gen Z mendengarkan musik setiap hari, 51 persen dilakukan saat bekerja dan belajar, dan 97 persen mengaksesnya melalui smartphone

Untuk memenuhi kebutuhan Gen Z dan milenial, aplikasi streaming musik Resso menawarkan fitur-fitur yang dinilai relevan dengan perilaku konsumen Gen Z dan milenial. Misalnya, fitur Vibes yang memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan dirinya melalui audio dan visual yang berbeda dalam satu klip. 

Pengguna bisa menggunakan video yang disukai sebagai background lagu favoritnya. Artinya, sebuah lagu bisa diekspresikan dengan visual yang berbeda-beda tergantung suasana hati pengguna. Menariknya lagi, visual ini bisa diunggah ke sosial media dalam bentuk cuplikan lagu.

“Selain itu, ada Lyric Effect. Kita sadar betul kalau Gen Z dan milenial menikmati musik bukan cuma sendiri. Tetapi mereka ingin membagi perasaannya kepada orang yang dikenal atau disuka melalui musik. Resso membawa experience karaoke ke dalam apps. Setiap video ada liriknya, dan user bisa share ke sosial media part lirik yang disukai,” tutur Cristo. 

Resso resmi diluncurkan di Indonesia pada Maret 2020 setelah peluncuran pertama dilakukan di India. Aplikasi musik streaming ini telah tersedia untuk Android dan iOS dengan akses gratis dan berbayar. Biaya langganan untuk pengguna Android sebesar Rp49 ribu per bulan, sementara iOS sebesar Rp59 ribu per bulan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here