Yuk, Manfaatkan 4 Aplikasi Mobile Ini untuk Membuat Tanda Tangan Digital

tanda tangan digital
Sumber : Approve Me

Tanda tangan digital bukanlah hal asing di zaman modern ini.

Meskipun pasti masih banyak orang yang belum tahu mengenai konsep canggih tersebut. Ternyata Indonesia sudah punya undang-undang tentang tanda tangan digital. Aturannya dituangkan dalam Undang-Undang Informasi dan Aplikasi Elektronik (UU ITE) No. 11 tahun 2008 pasal 5 sampai 12.

Pembuatan tanda tangan secara digital hanya terkait dan berada di bawah kuasa si penanda tangan. Tanda tangan tersebut berstatus sah seperti tanda tangan manual. Jadi, Anda tak perlu ragu menggunakannya untuk kebutuhan penandatanganan dokumen.

Kalau Anda ingin membuat tanda tangan digital, manfaatkan saja satu dari empat aplikasi mobile canggih berikut ini untuk mempermudah prosesnya

PrivyID

Sumber : Reuters

PrivyID merupakan aplikasi tanda tangan digital karya anak bangsa. Tingkat keamanan aplikasi yang dibuat tahun 2016 ini terbilang ketat dan memiliki kekuatan hukum yang sah. Setelah menandatangani dokumen, Anda bisa langsung membagikannya kepada orang lain. Anda akan diberikan pilihan dua jenis otoritas, yaitu sebagai orang yang menandatangani dokumen dan orang yang berhak memeriksa dokumen.

SignEasy

Sumber : Smeaker

Anda harus login menggunakan akun Google atau Facebook jika ingin menggunakan SignEasy. Aplikasi mobile ini memungkinkan Anda menandatangani berbagai jenis file, seperti PDF, JPG, PNG, Word, Excel, dan lainnya. Proses penandatanganannya pun bisa dipilih untuk diri sendiri, untuk ditandatangani beberapa orang lain, dan tanda tangan digital bersamaan antara dua pihak yang lokasinya berjauhan. Setelah dokumen selesai ditandatangani, Anda pun bisa langsung mengguggahnya ke email atau penyimpanan eksternal seperti Dropbox dan Google Drive.

Baca Juga : Harus Kerja Bareng Mantan di Kantor? Jangan Pesimis dan Malu Dulu!

HelloSign

Sumber : Free Power Point Templates

Jika Anda menggunakan HelloSign, Anda tak cuma bisa menandatangani dokumen yang tersimpan di smartphone. Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas pindai kamera untuk menghasilkan dokumen baru. Kamera smartphone berkualitas akan menghasilkan dokumen yang bentuknya jelas dan mudah terbaca. Selanjutnya, Anda tinggal membubuhkan tanda tangan digital, nama, dan tanggal pada dokumen tersebut.

SignDoc Mobile

Sumber : Search GI

Salah satu keunggulan SignDoc Mobile dibandingkan aplikasi sejenis adalah fitur untuk membubuhkan dua tanda tangan berbeda dalam satu dokumen. SignDoc Mobile akan menyimpan dokumen dalam bentuk PDF supaya lebih mudah diunggah atau dikirim setelah selesai ditandatangani. Selain itu, ada pula fitur pindai kamera yang memungkinkan Anda mengunggah foto identitas untuk dicantumkan pada dokumen.

Di antara keempat aplikasi mobile untuk membuat tanda tangan digital tersebut, manakah yang menjadi pilihan Anda?

Memanfaatkan aplikasi mobile akan membuat proses penandatanganan akan berlangsung lancar meskipun Anda tidak sedang di kantor.

Beri komentar Anda tentang artikel ini