Aquafarm Nusantara Siap Bertransformasi Menjadi Regal Spring Indonesia

Aquafarm Nusantara Siap Bertransformasi Menjadi Regal Spring Indonesia
Presiden Direktur PT Aquafarm Nusantara, Sammy Hamzah (Foto : Kiky.Waode/Job-Like Magazine)

Sebagai perusahaan yang membudidayakan ikan Tilapia di perairan Danau Toba, PT Aquafarm Nusantara siap untuk bertransformasi secara global dengan mengganti nama menjadi Regal Springs Indonesia. Regal Springs Indonesia sendiri merupakan bagian dari Regal Springs Group yang mengawali bisnisnya di Wutun, Jawa Timur sejak tahun 1988.

Meski belum resmi menyandang nama Regal Springs Indonesia, namun PT Aquafarm Nusantara sudah melaksanakan standarisasi pembudidayaan dan standarisasi ikan Tilapia secara internasional.

“Kami sebenarnya masih dalam masa transisi. Di tahun-tahun sebelumnya mungkin banyak orang yang tidak tahu tentang Regal Springs Indonesia. Lebih dikenal dengan PT Aquafarm Nusantara,” ujar Sammy Hamzah, Presiden Direktur PT Aquafarm Nusantara.

“Kami hadir dengan produk yang berbeda dan strategi pasar yang juga berbeda. Kami tidak hanya menargetkan ekspor tetapi juga akan memasok ke pasar dalam negeri. Kemudian kami juga akan mengubah landscape dari sistem pembudidayaan ikan di Indonesia.”

Baca Juga : Regal Springs Indonesia Sasar Pasar Lokal Tawarkan Ikan Tilapia

Mengusung prinsip KAMI PEDULI, Regal Springs Indonesia tak hanya ingin menghadirkan produk ikan Tilapia yang berkualitas, namun juga bagaimana caranya membagikan lebih banyak manfaat kepada masyarakat dan lingkungan.

“Hal ini tak terlepas dari standarisasi yang telah kami lakukan. Standar yang kami lakukan di perairan Danau Toba, selama ini sudah setara dengan apa yang dilakukan di luar negeri seperti Meksiko dan Honduras. Jadi sistem pembudidayaan dari pengembangbiakkan sampai pembesaran di Danau Toba dan processing di Medan dan Semarang, sudah memenuhi standar dunia,” tegasnya.

Aquafarm Nusantara Siap Bertransformasi Menjadi Regal Spring Indonesia
Achim Eichenlaub, CEO Regal Springs Group (Foto: Kiky.Waode/Job-Like Magazine)

Adapun nilai-nilai integritas yang diusung oleh Regal Springs Indonesia salah satunya, yaitu menerapkan zero waste dalam proses produksinya. Sammy menjamin dari setiap proses produksinya tidak ada bagian dari ikan Tilapia yang terbuang dan mencemari lingkungan.

“Limbah yang dihasilkan dari proses produksi ikan Tilapia akan kami proses sedemikian rupa sehingga bisa diterima lagi oleh alam. Kami juga tidak mungkin mempekerjakan anak-anak di bawah umur karena kami adalah perusahaan yang diawasi oleh otoritas luar negeri. Ini adalah value yang akan terapkan di Indonesia,” lanjut Sammy.

Sammy melanjutkan, bisnis yang dilakukan oleh Regal Springs Indonesia diharapkan dapat menjadi industri yang padat karya. Selain itu, bisnis ini juga akan tetap berorientasi pada ekspor. Sebanyak 90 persen diprioritaskan untuk ekspor dan selebihnya untuk kebutuhan pasar lokal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here