Lulus Tes Asal Usul Nama Daerah Ini, Fix Kamu Anak Jakarta Asli!

asal usul nama daerah
Sumber : Hindustan Times

Setiap kota atau daerah tentu punya latar belakang atau asal usul nama daerah yang unik. Latar belakang cerita tersebut menjadikan sebuah kota atau daerah tersebut tak hanya unik, namun juga punya nilai sejarah yang kental dari masa lalu. Hal inilah yang sebenarnya wajib terus dikembangkan oleh para generasi penerus bangsa saat ini.

Tak berbeda dengan kota dan daerah lain, nama-nama daerah di Jakarta juga punya asal usul unik yang menjadi latar belakang munculnya nama berikut. Untuk tambah pengetahuanmu lagi, inilah asal usul nama daerah di Jakarta yang wajib kamu pahami dan ketahui. Cekidot!

#Test 1: Apa Asal Usul Nama Daerah Matraman?

Matraman, Daerah Di Jakarta Timur yang Saat Ini Terkenal Dengan Underpass-nya 
Sumber : Bisnis

Orang Jakarta Timur tentu tidak asing dengan nama Matraman, sebuah daerah yang dulunya terkenal sebagai lampu merah yang sibuk, kini berganti dengan underpass yang cantik kala malam. Namun, tahukah kamu asal usul dari nama daerah ini?

Nama Matraman sebenarnya diberikan karena daerah ini dulunya dijadikan markas Pasukan Kerajaan Mataram yang hendak menyerang Belanda di Batavia. Orang-orang biasa menyebutnya sebagai Mataraman. Uniknya, nama itu justru berlanjut hingga saat ini dengan nama Matraman.

Baca Juga: Tak Perlu Mahal, Inilah 5 Jenis Makanan Pinggir Jalan Paling Enak di Jakarta

#Test 2: Apa Asal Usul Nama Daerah Senayan?

#Test 2: Apa Asal Usul Nama Daerah Senayan?
Sumber : Jendela 360

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar nama “Senayan”? Beberapa dari kamu akan menjawab Stadion Gelora Bung Karno atau Gedung DPR-MPR. Jawaban kamu tepat! Namun, apakah kamu tahu dari mana sih asal usul nama daerah Senayan itu?

Jadi, di zaman dulu, ada seorang saudagar kaya dari Bali yang menjadi pemilik daerah ini bernama Wangsanayan. Ia dikenal sebagai orang kaya yang cukup ramah dan baik hati. Saking terkenalnya, orang-orang menyebut daerah itu sebagai Wangsanayan. Namun, karena kebiasaan orang Indonesia senang menyingkat kata, diubahlah nama daerah itu menjadi Sanayan, kemudian menjadi Senayan seperti saat ini.

#Test 3: Bagaimana dengan Tanah Abang? Apakah Kamu Tahu Asal Usul Nama Daerah Ini?

#Test 3: Bagaimana Dengan Tanah Abang? Apakah Kamu Tahu Asal Usul Nama Daerah Ini?
Sumber : Aneka Hotel Murah

Ketika membicarakan Tanah Abang, tentunya kurang pas jika belum membicarakan soal Pasar Tanah Abang yang merupakan pasar grosir terbesar se-Asia Tenggara. Tapi, tahukah kamu asal usul nama daerah Tanah Abang ini?

Di balik keriuhannya saat ini, ternyata nama Tanah Abang menyimpan kenangan kelam yang melatarbelakanginya. Konon katanya, nama Tanah Abang berasal dari “Tanah” yang artinya daratan dan “abang” yang artinya merah. Jadi, dahulu kala terjadi kesenjangan sosial antara Belanda dan masyarakat etnis tionghoa. Orang Belanda iri dengan kesuksesan dan kemakmuran etnis Tionghoa sehingga mereka dibunuh di tempat ini. Tempat pembunuhan itu banyak berceceran darah sehingga orang menyebutnya Tanah Abang.

#Test 4: Hayo, Apa Asal Usul Nama Daerah Harmoni?

#Test 4: Hayo, Apa Asal Usul Nama Daerah Harmoni?
Sumber : Info Jakarta

Siapa yang sehari-hari senang menikmati fasilitas transportasi Transjakarta? Pastinya sudah tidak asing dengan nama Harmoni, kan? Ya, wilayah ini memang menjadi salah satu shelter sentral yang menjadi tempat transit para penumpang. Namun, apakah kamu tahu asal usul nama daerah Harmoni?

Harmoni sebenarnya merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat kota Batavia di jaman penjajahan Belanda terdahulu. Nah, di tempat ini, dulu terkenal dengan sebuah bangunan bernama Sosiestiet De Harmonie yang menjadi tempat pertemuan para bangsawan Belanda. Sejak itulah, daerah ini diberi nama Harmoni.

Beri komentar Anda tentang artikel ini