Asian Para Games 2018: Cabang Tolak Peluru Sumbangkan Medali Emas Kedua bagi Indonesia

Asian Para Games 2018
Source: tempo

Indonesia kembali meraih emas lewat cabang olah raga tolak peluru di ajang Asian Para Games 2018. Sebelumnya medali emas pertama diperoleh lewat cabang bulutangkis beregu putra.

Emas kedua dari cabang atletik disumbangkan oleh atlet difabel Suparniyati pada nomor tolak peluru putri F20. Suparniyati melakukan tolakan sejauh 11,03 meter. Medali emas yang didapatkan Suparniyati menjadikan catatan tersendiri. Mengingat medali tersebut merupakan medali emas pertama bagi Indonesia di ajang Asian Para Games untuk nomor tolak peluru.

Di nomor yang sama, atlet asal Jepang, Nakada Hiromi, berhasil meraih medali perak lewat tolakan sejauh 10,51 meter. Sedangkan medali perunggu juga didapatkan oleh atlet Indonesia, Tiwa, yang berhasil melakukan tolakan sejauh 6,44 meter.

Medali Emas Pertama di Ajang Asian Para Games 2018

Sebelum medali emas yang diperoleh Suparniyati, Dheva Anrimusthi dan rekan-rekannya juga berhasil mendapatkan medali emas dari cabang olahraga bulutangkis beregu putra.

Di babak final, tim bulutangkis beregu putra Indonesia menang atas Malaysia dengan skor 2-1. Di laga tersebut, Fredy Setiawan yang turun di partai tunggal pertama berhasil mengalahkan tunggal pertama Malaysia, Muhammad Norhilmee.

Namun di nomor ganda, pasangan Indonesia, Harry Susanto/Hafidz Briliansyah tumbang oleh pasangan Cheah Liek/Hairul Sabaa. Selanjutnya, Dheva Anrimusthi yang turun di partai tunggal kedua berhasil menyudahi laganya dengan menang straight set atas Mohammad Faris Ahmad Azri.

Baca Juga: Fakta-Fakta Seputar Ajang Asian Para Games 2018, Intip Yuk!

Sampai dengan hari ini (10/8), Indonesia telah mengumpulkan 3 medali emas, 4 medali perak dan 5 perunggu. Salah satu medali perunggu yang telah dikoleksi Indonesia didapatkan oleh Syuci Indriani dari nomor renang 200 meter gaya bebas putri, kategori S14.

Selain dari cabang atletik, medali perak lainnya didapatkan oleh Ni Nengah Widiasih yang turun di nomor 41 kg cabang olahraga angkat berat. Ni Nengah sebelumnya menargetkan medali emas di nomor yang diikutinya. Namun sayangnya angkatan Ni Nengah berselisih 3 kg dengan angkatan atlet asal China, Zhe Chi. Zhe Chi berhasil mengangkat beban seberat 100 kg.

Sementara itu, China masih memimpin di perolehan medali emas Asian Para Games 2018 dengan total 19 medali emas. Posisi kedua ditempati Jepang dengan 5 emas (6 Perak). Sedangkan posisi ketiga ditempati Korea Utara dengan 5 medali emas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here