Saat Asmara Mengganggu Konsentrasi Kerja, Kamu Harus Bagaimana?

Konsentrasi kerja memang tidak selalu stabil karena bisa terganggu oleh satu dan lain hal. Saat asmara mengganggu konsentrasi kerja, kemungkinan besar kamu pun jadi tak fokus. Sehingga risiko pekerjaan terbengkalai atau selesai tetapi tidak efektif pun tak dapat dihindari.

Jangan sampai asmara mengganggu konsentrasi kerja secara berkepanjangan, ya. Meskipun sulit ditampik, setidaknya kamu harus bersikap profesional dalam mengatasi gangguan tersebut.

Penelitian tentang Gangguan Fokus Akibat Asmara

Para peneliti dari Leiden University dan University of Maryland pernah melakukan pengamatan terhadap 43 orang yang sedang menjalin asmara. Penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu enam bulan tersebut menunjukkan hasil yang cukup mencengangkan.

Semakin dalam rasa cinta seseorang terhadap pasangannya, maka semakin besar pula kecenderungan untuk kehilangan konsentrasi karena kemampuan kognitif otak digunakan untuk memikirkan pasangan.

Itu sebabnya, para karyawan yang sedang jatuh cinta sering mengalami penurunan produktivitas kerja. Terutama ketika harus mengerjakan hal-hal monoton yang sangat membosankan. Tentu saja gangguan ini wajib segera diatasi supaya tidak mengganggu profesionalitas kerja secara berkepanjangan.

Baca Juga: https://magazine.job-like.com/tips-konsentrasi-kerja-saat-di-perjalanan/

Cara Ampuh Mengatasi Asmara yang Mengganggu Profesionalitas Kerja

Sebaiknya kamu lekas melakukan beberapa hal ini bila asmara mengganggu konsentrasi kerja dan menyebabkan produktivitas mulai menurun:

Memanfaatkan Waktu Cuti Semaksimal Mungkin

Jika asmara mengganggu konsentrasi kerja, sebaiknya kamu lekas memanfaatkan waktu cuti yang ada. Gunakan waktu cuti untuk rileks sejenak sembari menikmati jalinan asmara dengan pasangan. Cuti beberapa hari akan membuatmu kembali segar dan siap produktif lagi di tempat kerja.

Menghabiskan Lebih Banyak Waktu dengan Pasangan

Sebaiknya kamu juga menggunakan waktu senggang untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan pasangan. Sehingga rasa rindu berkurang dan kamu pun akan lebih fokus ketika kembali bekerja. Kamu bisa menikmati liburan selama beberapa hari dengan pasangan demi menunjukkan rasa cinta secara maksimal.

Meminta Bantuan Rekan Kerja

Ketika kamu merasa kurang fokus dengan pekerjaan akibat memikirkan urusan cinta, tak usah malu meminta bantuan kerja untuk mengingatkan. Ajaklah tim kerja untuk bahu-membahu menyelesaikan pekerjaan dan saling mengingatkan agar risiko pekerjaan terbengkalai bisa dihindari.

Meminimalkan Komunikasi dengan Pasangan Selama Bekerja

Tak dapat dipungkiri bahwa komunikasi dengan pasangan selama bekerja juga rentan membuyarkan konsentrasi. Jadi, jangan sampai asmara mengganggu konsentrasi kerja saat pekerjaan sedang menumpuk. Usahakan untuk meminimalkan komunikasi dengan pasangan demi mendukung konsentrasi kamu sewaktu bekerja.

Jangan menyerah hanya karena asmara mengganggu konsentrasi kerjamu. Tunjukkan bahwa kamu adalah sosok yang profesional meskipun sedang menjalin hubungan asmara yang hangat dengan pasangan tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here