Saat Merasa Gelisah karena Pekerjaan, Lakukan 4 Hal Sederhana Ini!

Normal saja seseorang merasa stres atau frustrasi dengan pekerjaan yang dihadapi setiap hari. Imbasnya, rasa gelisah karena pekerjaan akan menerjang. Hal ini membuat kamu tak bisa fokus saat bekerja, terlebih jika kegelisahan ini menimbulkan kekhawatiran yang berlebih.

Jika dibiarkan terus-menerus maka pekerjaan akan terbengkalai. Nah, saatnya kamu menemukan cara untuk meringankan rasa gelisah. Berikut beberapa trik yang bisa kamu coba:

Luangkan Waktu untuk Berjalan Sejenak

Hentikan pekerjaanmu dan jauhi meja kerja, kemudian pergi keluar sebentar untuk berjalan-jalan. Kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk berpikir, memancing kreativitas dan melepas beban kerja supaya terasa lebih baik.

Kamu hanya perlu waktu 5 hingga 10 menit untuk berjalan-jalan di sekitar kantor, setelah itu kamu akan kembali dengan kondisi lebih segar dan bisa bekerja lebih fokus.

Berbicara dengan Teman atau Rekan Kerja

Mengobrol pada jam kerja memang bukan sesuatu yang baik. Namun, tak ada salahnya jika sesekali kamu mengobrol dengan rekan kerja untuk menyegarkan pikiran.

Kamu bisa berbicara santai dengan teman sebelah tanpa harus membahas urusan kantor. Pilihlah topik yang ringan dan menyenangkan, misalnya tentang film terbaru di bioskop atau acara musik favorit.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Hadapi Stres di Tempat Kerja, Yuk Dicoba!

Membuat Daftar Pekerjaan

Merasa gelisah karena pekerjaan bisa terjadi ketika terlalu banyak tugas yang harus segera diselesaikan dalam waktu yang sama. Ingat, kamu bukan robot atau mesin. Kamu tak bisa menyelesaikan semua tugas dalam waktu yang sama, dan untuk kualitas yang sama.

Buatlah daftar pekerjaan, kemudian tentukan prioritas. Cara ini akan memudahkan kamu dalam menentukan pekerjaan mana yang harus dibereskan.

Rencanakan Liburan

Rasa gelisah biasanya akan menjalar di luar kantor, hingga ke rumah, misalnya. Jika hal ini terjadi, kamu mengalami siklus kerja yang salah. Mungkin kamu mengabaikan work-life balance dan terlalu sibuk bekerja tanpa sadar porsi kerjamu sudah berlebih.

Rencanakan liburan untuk menenangkan pikiran, dan manjakan dirimu sesaat. Anggap liburan ini sebagai reward untuk diri sendiri karena sudah bekerja keras selama ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here