Masker Kain Malah Bikin Jerawat Muncul? Ini Cara Mengatasinya

Kini masker kain menjadi benda wajib untuk dipakai keluar rumah. Namun, beberapa orang pasti setuju bahwa menggunakan masker kain cukup tidak nyaman. Meski begitu, penggunaan masker tetap wajib sebab ini adalah imbauan dari World Health Organization (WHO) sendiri dalam mencegah penyebaran virus corona lebih luas lagi.

Salah satu efek penggunaan masker wajah yang mulai banyak dirasakan orang adalah kemunculan jerawat. Maskne (mask-acne), kondisi ini kerap disebut sebagai acne mechanica yang kerap terjadi akibat gesekan.

Dokter kulit asal New York, Dendy Engleman, MD menjelaskan bahwa penggunaan masker yang terlalu ketat dan lama memang bisa mengiritasi kulit, menyumbat pori-pori, dan kemudian mendapatkan sebum dan bakteri yang berkembang biak di bawah kulit.

Namun penggunaan masker dijadikan alasan penyebab utama timbulnya jerawat itu keliru. Pasalnya, jerawat muncul karena masker yang kamu gunakan kotor.

Benarkah Masker Kain Sebabkan Jerawat?

Ingat, jerawat ini terjadi biasanya karena masker kain kamu kotor. Selain itu, jerawat bisa saja terjadi karena kamu berlebihan menggunakan produk pengelupasan kulit dan masker pembersihan detoks. Pasalnya dua hal ini akan menghilangkan penghalang kulit alami dan menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Duh! Ini 5 Cara Penyembuhan Jerawat Alami Ini Justru Merusak Kulit

Ketika kulit terluar kamu terganggu dan rentan, lebih banyak bakteri dapat masuk dan kamu akan lebih banyak kehilangan air. Dan begitu kulit mengalami dehidrasi, ia dapat memicu peradangan dan melepaskan hormon yang memberi tahu kelenjar sebaceous untuk menghasilkan lebih banyak minyak dan sel-sel kulit. Alhasil terjadi penyumbatan.

Mengatasi Jerawat Akibat Penggunaan Masker Kain

Di bawah ini, beberapa langkah untuk menghilangkan jerawat yang tidak diinginkan yang mungkin disebabkan oleh masker kain:

Coba Gunakan Masker Kain yang Baru

Gunakankan bahan masker kain yang menciptakan gesekan lebih sedikit pada kulit. Sutra akan menjadi yang paling lembut dan beberapa merek menjual masker sutra yang bisa dicuci. Kamu juga bisa mencari bahan yang terasa seperti sutra.

Sementara menunggu masker kain baru dikirim, coba tambahkan pelembab tambahan atau penyangga seperti krim perawatan kulit ke area yang terlalu banyak gesekan.

Lakukan Scrub

Scrub dan asam bisa berbahaya karena membuat terlalu banyak pengelupasan kulit. Tapi, proses ini tetap dianjurkan. Jadi, sebaiknya gunakan asam salisilat yang lebih lembut, yang dapat membantu jerawat hilang dengan manfaat anti-inflamasi.

Kamu juga bisa gunakan pembersih wajah berbasis sulfur, yang dapat membunuh jerawat bakteri tanpa memperburuk iritasi. Hindari penggunaan retinol atau benzoil peroksida untuk sementara waktu karena akan lebih aktif dan intens.

Walau Pakai Masker Kain, Tetap Hidrasi Kulit Wajah

Seringkali penyebab jerawat adalah kulit yang dehidrasi. Masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa menggandakan krim hydrating bisa membantu mengatasi jerawat. Kamu membutuhkan produk untuk penghalang dan bahan yang menenangkan. Ini semua agar lapisan kulit penghalang itu kembali utuh.

Beberapa bahan yang disarankan adalah centella asiatica, jojoba, squalene, atau ceramide untuk membantu memperbaiki lapisan penghalang. Kamu juga dapat menambahkan serum atau krim asam hialuronat untuk mengisi kembali hidrasi yang hilang. Setelah itu, gunakanlah masker kain kamu saat pergi ke tempat umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here