Belum Menemukan Passion? Jangan Cemas, Itu Sangat Wajar Kok!

Belum menemukan passion biasanya menjadi kegundahan tersendiri bagi sebagian besar orang. Apalagi untuk generasi Z dan milenial yang tengah meniti karier. Pada usia-usia 24-25 tahun, kadang muncul pertanyaan tentang tujuan hidup dan arah karier.

Pada kenyataannya, passion tidak semudah yang kita bayangkan. Bukan hanya sekadar melakukan apa yang disuka, melainkan jauh melebihi itu. Tenang, kamu tidak perlu cemas andai belum menemukan passion di masa quarter life crisis.

Kalau Belum Menemukan Passion, Coba Cari Tahu Hal yang Kamu Sukai

Mungkin selama ini kamu bertanya-tanya, kenapa ada beberapa orang memiliki passion sementara kamu tidak. Bisa jadi jawabannya justru ada pada dirimu sendiri loh. Jika kamu sama sekali merasa tidak memiliki passion, coba cari tahu hal apa saja yang kamu sukai.

Sebagian orang menjadikan kegemarannya menjadi passion dan tentu butuh waktu lama untuk mewujudkannya. Jadi, kembangkanlah hobi atau kesukaan yang mungkin selama ini kamu anggap biasa. Siapa tahu kamu bisa menemukannya di sana tanpa kamu sadari.

Baca Juga: Kerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah Bukan Akhir Dunia, Ini Buktinya!

Namun, Passion Juga Bisa Datang dari Pekerjaanmu Selama Ini

Tidak perlu jauh-jauh, sadarilah apa yang sekarang sedang kamu kerjakan. Passion tidak harus berhubungan dengan hobi atau pun impian. Andai kamu selalu bekerja dengan sungguh-sungguh dan bersemangat selama ini, itu salah satu tanda ada passion loh.

Belum menemukan passion bukan berarti kamu tidak memilikinya sama sekali. Kamu tidak harus memiliki passion sama persis seperti orang lain yang terlihat hebat. Kesungguhan dan kecintaanmu pada pekerjaan sekarang juga dapat menumbuhkan passion.

Belum Menemukan Passion Tidak Membuatmu Hanya Diam Saja Bukan?

Maka, kamu tidak perlu bersedih jika merasa belum memiliki passion. Ingat, passion bukan serta merta dapat membahagiakan seseorang. Butuh perjuangan, ketekunan, dan komitmen yang sangat besar untuk menemukan, menumbuhkan, dan merawat passion.

Daripada larut dalam kegelisahan yang tidak berkesudahan, segeralah bangkit dan jalani harimu. Terima dulu saja apa yang sudah kamu dapatkan hingga sekarang. Lakukan yang terbaik untuk kariermu di masa sekarang, percaya deh tidak akan sia-sia untuk masa depanmu kelak.

Bisa Jadi Belum Menemukan Passion karena Tanpa Sadar Tengah Menjalani Prosesnya

Terakhir, mungkin kamu hanya tidak sadar sedang menjalani proses bertemu dengan passion. Selama ini kamu merasa butuh mencari hal-hal besar di luar pekerjaan untuk meraih passion. Padahal, kamu justru tengah berada di jalan yang tepat untuk menemukan passion.

Coba renungkan kembali, sudah berapa lama kamu bertahan di profesimu sekarang. Lihat sudah sejauh apa kamu berkembang, mulai dari awal meniti karier hingga sekarang. Bukankah proses panjang itu juga menjadi bagian terpenting yang diam-diam membawamu ke sebuah passion dalam bekerja?

Jelas kan kalau belum menemukan passion bukanlah akhir duniamu. Kamu tidak perlu fokus untuk mengejar passion, melainkan maknai dulu apa yang kamu inginkan untuk kariermu sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here