Meski Belum Bisa Promosi Karyawan, yang Ini Tetap Bisa Kamu Lakukan

Promosi diperlukan untuk melakukan regenerasi karyawan. Promosi juga memungkinkan perusahaan mendapatkan karyawan dengan kemampuan spesial yang diperlukan. Karenanya, promosi penting untuk pengembangan perusahaan.

Bayangkan kalau kamu harus melakukan pekerjaan yang sama bertahun-tahun lamanya? Tentu kamu akan merasakan kebosanan kan? Bukan itu saja, hilangnya kesempatan dan tantangan bisa membuat karyawan mudah merasakan stres. Akibatnya, turnover jadi meningkat karena karyawan berusaha untuk mencari kesempatan dan tantangan itu di tempat lain.

Salah satu cara mengatasi itu semua adalah dengan melakukan promosi. Tapi, bagaimana kalau karena alasan tertentu, perusahaan belum bisa melakukan promosi karyawan?

Alasan Perusahaan Belum Bisa Melakukan Promosi Karyawan

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perusahaan belum bisa melakukan promosi karyawan. Salah satunya, faktor keuangan perusahaan. Ada kalanya perusahaan belum bisa menggaji karyawan dengan layak karena keadaan keuangan perusahaan yang belum memungkinkan.

Jenis pekerjaan yang ada juga bisa membuat promosi sulit untuk dilakukan. Semisal, posisi pekerjaan tersebut membutuhkan seseorang yang memiliki skill dan kemampuan khusus yang sulit didapatkan.

Hirarki pekerjaan juga bisa menjadi penyebab lainnya. Semakin tinggi posisi pekerjaan di perusahaan, HRD umumnya akan semakin sulit melakukan promosi. Karena, untuk mengisi posisi tersebut tidak hanya diperlukan karyawan dengan skill dan kemampuan khusus. Lebih dari itu, diperlukan karyawan yang punya kematangan dan kaya akan pengalaman.

Selain itu, perusahaan dengan struktur jabatan yang sangat fleksibel juga bisa membuat program promosi sulit untuk dilakukan.

Baca Juga: Employee Recognition: Selain Bonus, Karyawan Juga Butuh Pengakuan

Ada Baiknya Kamu Melakukan Ini

Meski karena berbagai alasan diatas promosi belum bisa dilakukan, sebagai manajer atau HRD kamu jangan berputus harapan. Ada beberapa hal lain yang tetap bisa kamu lakukan. Di antaranya, yaitu,

Melakukan Rotasi Karyawan

Agar karyawan tidak merasa jenuh gara-gara promosi tidak kunjung datang, kamu bisa merotasi karyawan. Saat melakukannya, kamu bisa menanyakan pada karyawan yang bersangkutan posisi, pekerjaan atau tanggung jawab apa yang menarik untuk diembannya.

Mengasah Skill Karyawan

Sebagai manajer atau HRD kamu juga bisa mengasah kemampuan karyawan sembari menunggu kesempatan untuk melakukan promosi bisa dilakukan. Perhatikan kemampuan spesifik apa yang perlu di kembangkan. Apakah karyawan memerlukan skill dan kemampuan baru? Akan lebih baik jika kamu bisa merelasikan kemampuan ini dengan posisi barunya setelah dipromosikan nanti.

Mendengarkan Keluhan Karyawan

Karyawan yang belum dipromosikan mungkin saja punya keluhan mengenai atasan, tim atau perusahaan. Baik terkait dengan sistem, aturan ataupun cara kerja. Tidak ada salahnya untuk mendengarkan keluhan mereka.

Namun, lebih dari itu, jadikan keluhan itu sebagai sebuah tugas/project baginya. Mintalah karyawan yang bersangkutan mengatasi masalah-masalah tersebut. Dengan begini, kemampuannya dalam mengidentifikasi dan mengatasi masalah bisa berkembang.

Kalau perusahaan belum bisa menjalankan program promosi, bukan berarti kamu harus berhenti berinvestasi pada karyawan. Dengan melakukan beberapa hal di atas, kamu tetap bisa menanamkan growth mindset pada diri karyawan, sembari menjaga moral dan motivasi kerjanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here