Sulit Tidur di Malam Hari? Lakukan Tips Ini Supaya Cepat Pulas

Sulit tidur terkadang terjadi pada beberapa orang. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan jam tidur atau terlalu banyak pikiran. Kalau ini terjadi, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sulit tidur.

Biasanya kalau sulit tidur, sesorang akan merasa gelisah, karena ia merasa bahwa keesokan harinya harus terjaga agar bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjannya. Selain itu, ia juga sadar bahwa tidur penting bagi kesehatan. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi sulit tidur?

Hindari Memegang Gadget sebelum Tidur

Usahakan kamu tidak memegang gadget setidaknya satu jam sebelum beranjak tidur. Pesan teks tentang pekerjaan atau hal lainnya bisa membuatmu pikiranmu tidak tenang. Selain itu, paparan sinar layar gadget yang terlalu lama juga bisa membuat mata sulit untuk terpejam.

Jangan Panik Jika Sulit Tidur

Jangan panik kalau kamu tidak bisa tidur di malam hari. Panik hanya akan membuat dirimu terjaga dan menghilangkan rasa ngantuk. Cobalah untuk tenang dan sadarilah bahwa pada akhirnya rasa kantuk akan datang dan membuatmu tertidur.

Untuk menenangkan diri kamu bisa mencoba memvisualisasikan pemandangan indah di pantai atau gunung. Menurut para ilmuwan, cara ini ini lebih baik dibandingkan menghitung domba.

Baca Juga: Bangun Tidur Leher Sakit? Ini Dia Penyebab dan Cara Mencegahnya

Lakukan Teknik Pernapasan 4-7-8

Untuk membuatmu rileks, kamu juga bisa melakukan teknik pernapasan 4-7-8. Caranya dengan menghirup napas dalam-dalam selama 4 detik, menahannya selama 7 detik dan melepaskan napas perlahan melalui mulut selama 8 detik.

Mengatasi Sulit Tidur dengan Melakukan Kegiatan

Jangan berbaring di tempat tidur terlalu lama jika kamu tidak bisa tidur lebih dari 30 menit. Bangunlah dan lakukan kegiatan seperti membaca atau mencatat hal-hal apa saja yang akan kamu lakukan keesokan harinya.

Kamu juga bisa berpindah ruangan dan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Saat tidak bisa tidur, ambilah sisi positifnya. Suasana hening di malam hari bisa membuatmu tenang mengerjakan apa saja.

Dinginkan Ruangan dan Redupkan Kamar

Saat akan kembali ke tempat tidur, redupkan lampu kamar. Suasana kamar yang redup akan memberikan peringatan kepada tubuh untuk menenangkan diri. Kalau di kamarmu dilengkapi AC, sesuaikan temperaturnya sesuai kenyamananmu.

Nah, dengan menerapkan tips mengatasi sulit tidur diatas, diharapkan rasa kantuk datang dan kamu bisa cepat pulas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here