Attachment Lamaran Kerja via Email yang Harus Disiapkan dengan Cermat

Tidak seperti beberapa dekade lalu, kini mencari pekerjaan semakin mudah karena bisa dilakukan dengan bantuan teknologi. Kamu hanya perlu mengirim email lamaran pekerjaan ke perusahaan yang bersangkutan. Jangan lupa pula menyertakan beberapa attachment lamaran kerja via email tersebut.

Ternyata, masih banyak orang yang tidak memahami berbagai attachment lamaran kerja yang harus dilampirkan sebagai bahan pertimbangan. Ulasan berikut ini akan membantu kamu mengidentifikasi dan menyiapkan attachment pada email lamaran kerja:

Curriculum Vitae (CV)

Attachment lamaran kerja yang tak boleh dilewatkan adalah CV. Isi CV harus mencantumkan informasi penting seperti biodata singkat, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja (jika ada), dan kemampuan lainnya yang bermanfaat di dunia kerja.

Usahakan agar CV tidak terkesan berlebihan, mudah dipahami, dan dapat dibaca secara cepat oleh tim HRD perusahaan. CV juga harus dilengkapi foto profesional supaya kamu tak perlu repot melampirkan foto pribadi secara terpisah.

Baca Juga: Yuk, Lakukan 5 Hal Ini Saat Menunggu Hasil Lamaran Kerja!

Portofolio

Portofolio juga menjadi attachment lamaran kerja yang harus disiapkan dengan cermat, terutama jika kamu akan melamar pekerjaan di bidang kreatif. Lampiran berupa portofolio menunjukkan kemampuan yang kamu miliki sebelum melamar kerja di suatu perusahaan.

Biasanya portofolio akan menjadi pertimbangan penting yang menambah nilai plus kamu di mata HRD. Jenis portofolio terbilang sangat beragam, mulai dari dokumen, gambar, hingga video.

Scan Ijazah dan Sertifikat lainnya

Jenis attachment dalam lamaran kerja yang juga harus disiapkan adalah scan ijazah terakhir yang sudah dilegalisir dan sertifikat lainnya. Misalnya, sertifikat workshop yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang sedang dilamar saat ini.

Lampiran yang satu ini akan memberikan kesan bahwa kamu adalah sosok yang profesional dan siap beradaptasi dengan lingkungan baru karena kemampuan kerja yang dimiliki.

Identitas Diri

Kalau kamu tidak menyertakan banyak informasi tentang identitas diri pada CV, kamu dapat membuat lampiran terpisah berupa daftar riwayat hidup. Attachment untuk melamar kerja tersebut harus memuat informasi penting tentang nama lengkap, alamat tempat tinggal saat ini, nomor kontak yang bisa dihubungi, akun media sosial, dan beberapa info lainnya. Kamu juga dapat menyertakan hasil scan KTP dalam lampiran identitas diri.

Terakhir, jangan lupa menulis cover letter yang singkat dan profesional pada bagian body email untuk melengkapi attachment dalam lamaran kerja. Niscaya peluang mendapatkan panggilan kerja akan makin besar jika kamu sudah menyiapkan lamaran pekerjaan secara teliti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here