Mengikuti Aturan Interview Ini Bikin Kamu Diterima Kerja, Terapkan Ya!

Mengikuti aturan interview
Sumber: Us.experteer

Menurut Stephen Schwarzman, seorang co-founder dan CEO dari Blackstone, jika kamu mengikuti aturan interview yang ia sarankan, ada peluang besar kamu akan diterima bekerja.

Schwarzman bukanlah orang baru dalam dunia investasi dan ia juga sudah ribuan kali melakukan job interview untuk memilih kandidat terbaik untuk bisa bergabung bersama dengan timnya. Dan kamu pun bisa mengikuti aturan interview yang ia rekomendasikan berikut ini.

Mengikuti Aturan Interview dengan Datang Tepat Waktu

Menurut Schwarzman, ketepatan waktu adalah indikator pertama dari seberapa banyak pemikiran dan persiapan yang telah kamu tetapkan untuk bisa interview. Tiba tepat waktu, bahkan lebih awal, dapat memberi kesempatan pada kamu untuk bersantai, menarik napas, dan menikmati suasana kantor.

Lingkungan kerja dapat memberi banyak informasi tentang kultur perusahaan. Jadi, kamu wajib mengikuti aturan interview ini dengan tidak terlambat datang untuk wawancara.

Otentik

Ceritakan tentang siapa diri kamu sebenarnya. Jangan takut untuk membicarakan apa yang ada dalam pikiran kamu. Jangan hanya fokus untuk memberi kesan terbaik pada rekruter.

Berusahalah untuk bersikap jujur saat melakukan diskusi. Jika ada sesuatu yang baru tentang perusahaan atau peran kerja yang kamu ingin tahu, jangan sungkan untuk membicarakannya. Dengan begitu, rekruter bisa memberi jawaban atas pertanyaan yang kamu siapkan tersebut.

Jika wawancara tidak menghasilkan tawaran pekerjaan, perusahaan ini mungkin memang tidak cocok dengan kamu. Akan jauh lebih baik untuk mengetahuinya sejak dini dan move on.

Jangan mengubah kepribadian untuk bisa cocok dengan kultur perusahaan. Temukanlah yang tepat karena dengan begitu kamu akan bisa menikmati pekerjaan.

Baca Juga: Jangan Sedih! Gagal Interview Justru Ada Manfaatnya Juga buat Kamu

Sudah Siap Interview

Pelajari perusahaan tempat kamu akan melakukan interview. Jika kamu seorang kandidat, ini akan menunjukkan pada rekruter seberapa antusias kamu terhadap perusahaan. Kamu bisa dengan mudah mengetahuinya dengan membaca situs resmi perusahaan.

Selain itu, kesiapan melakukan interview juga harus kamu tunjukkan dengan memiliki rasa ingin tahu. Menurut Schwarzman, wawancara terbaik haruslah bersifat interaktif. Ajukan pertanyaan, minta saran, cari tahu apa yang paling rekruter sukai tentang pekerjaan di perusahaan tersebut.

Dengan mengikuti aturan interview ini, kamu pun akan mendapatkan banyak informasi berharga langsung dari orang pertama.

Percaya Diri

Mau tidak mau, kamu harus mengikuti aturan interview ini jika ingin sukses wawancara. Menurut Schwarzman, dalam kebanyakan situasi, seorang bos akan selalu mencari seseorang yang bisa menunjukan kepercayaan diri, yaitu seseorang yang memiliki pendapat dan bisa membangun sebuah kasus untuk mempertahankannya. Tanpa kamu sadari, ada banyak rekruter yang mengajukan pertanyaan secara mendetail.

Ini bukan karena mereka ahli atau mengharapkan jawaban yang tepat. Ini hanya karena mereka ingin mempekerjakan orang yang memiliki kepercayaan diri untuk mengakui bahwa mereka tidak tahu jawabannya. Seorang kandidat yang ideal adalah seseorang yang memiliki rencana untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang tidak mereka ketahui.

Sebutlah Orang yang Kamu Kenal, Kamu Sukai, dan Kamu Hormati

Poin ini mungkin terkesan baru. Namun, jika kamu mengajukan sebuah nama orang yang kamu kenal, kamu sukai, kamu hormati, dan menjelaskan apa alasannya, itu akan membuat rekruter terkesan. Ini menandakan kamu menghargai profesionalitas seseorang dan mengakuinya.

Jadi, tidak hanya mengkritik dan menjatuhkan nama orang lain. Menurut Schwarzman, tidak diragukan lagi jika rekruter akan lebih terkesan jika kamu mengungkapkannya dengan jujur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here