Sudah Tahu Belum? 4 Aturan Umum Dana Darurat Agar Lebih Fleksibel

Dana darurat tidak hanya sekedar dana yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan mendesak. Ada berbagai aturan umum dana darurat yang seharusnya Anda ketahui agar tidak terjadi kekeliruan dalam penggunaan dan pencairan dana.

Dana ini juga seharusnya dimiliki untuk kemandirian finansial dan tidak serta-merta digunakan untuk keperluan yang tidak substantif. Yuk disimak beberapa aturan umum dana darurat yang seharusnya Anda tahu.

Anda Perlu Tujuan Menabung untuk Bisa Berhasil

Anda harus memiliki tujuan spesifik mengapa Anda menabung dana darurat. Beri Anda tujuan tabungan nominal yang realistik untuk dana darurat, tuliskan, dan kerjakan.

Ketika Anda berhasil mencapainya (atau mendekatinya) Anda dapat meningkatkan sesuai keperlukan. Jadi, yang penting adalah memiliki sebuah tujuan.

Alasan memiliki tujuan dalam pikiran Anda ketika sedang berusaha menabung penting untuk memastikan bahwa Anda tetap pada rencana tersebut untuk menabung, apapun tujuannya, serta memastikan untuk mencapai tujuan tersebut.

Hal ini dijelaskan oleh Lauren Anastasio, CFP, dari perusahaan keuangan pribadi SoFi. Tujuan menabung juga akan membuat Anda tetap memiliki motivasi dan on-track.

Biaya Pengeluaran 3-6 Bulan Masih Menjadi Tolok Ukur

Selama bertahun-tahun, tujuan dan aturan umum dana darurat yang harus dipenuhi adalah setara dengan 3-6 bulan pengeluaran ke dalam tabungan. Menurut Anastasio, ini pedoman standar selama bertahun-tahun dan tetap sesuai dengan masa kini.

Namun, ada faktor yang membuat ia selalu mendorong orang untuk dipertimbangkan ketika mencaritahu apa yang tepat untuknya secara pribadi.

Untuk keamanan finansial dan tujuan personal, Anda dapat membuat simpanan uang sekitar 8-12 bulan. Ini lebih tepat untuk Anda yang ingin memastikan bahwa Anda memiliki uang cukup untuk meng-cover semua keperluan yang menurut Anda vital. Cara ini pun akan mengurangi rasa khawatir Anda terkait masalah keuangan.

Baca Juga: Perlu Dievaluasi, Ini Dia 4 Tanda Bila Anda Memiliki Dana Darurat Terlalu Besar

Mudah Dicairkan

Sebagian orang menginvestasikan tabungan, sebagian lainnya menyimpannya di bawah kasur. Apapun metodenya, ingatlah, dana darurat harus mudah dicairkan.

Bila masalah besar menghampiri, seperti terkena PHK, sakit parah, atau mobil rusak, Anda dapat mengakses uang dengan cepat tanpa harus membayar biaya apapun.

Ingatlah Alasan Kenapa Anda Punya Dana Darurat

Bahkan setelah Anda berhasil membangun dana darutat, Anda akan gagal ketika lupa akan tujuannya. Menurut Anastasio, semua tabungan Anda ada untuk melayani tujuan, atau mungkin untuk mencapai tujuan Anda. Mempertahankan sasaran-sasaran tersebut dalam pikiran akan membantu Anda untuk bisa tetap on track di masa depan.

Tetap on track berarti mendefinisikan apa yang merupakan kondisi darurat dan tetap berpegang pada definisi tersebut. Kondisi darurat seseorang bukan berarti kondisi darurat pada orang lain ya! Oleh karena itu, sisihkanlah uang di tempat terpisah untuk tujuan yang smart.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here