Perlu Audit Sosial Media Sebelum Interview? Lakukan dengan Cara Ini!

Audit sosial media sekarang menjadi salah satu persiapan wawancara yang harus Anda lakukan. Alasannya? Pihak rekruter ingin melihat lebih dalam mengenai karakter kandidatnya yang bisa ditelusuri melalui aktivitas di sosial media.

Nah, meskipun Anda memberikan jawaban wawancara yang menakjubkan, tapi itu tak menjadi berarti bila Anda acap mengunggah komentar, postingan, atau gambar yang menyinggung.

Lalu, bagaimana harus melakukan audit sosial media sebelum interview?

Lakukan dengan Cermat

Untuk mulai melakukan audit sosial media, buka kembali semua foto Anda di Instagram dan Facebook. Periksa juga twitter feed dan cek secara menyeluruh akun mana pun yang bersifat publik.

Misal, foto Anda yang terlihat mabuk, membuat gerakan apapun yang dianggap kasar atau tidak pantas harus segera dihapus atau tidak diberi tag. Bahasa apapun yang ofensif sebaiknya juga dihapus. Ini termasuk postingan, retweet dan likes.

Saat Anda Ragu, Hapus Saja

Apa yang ada di internet akan ada untuk selamanya. Sebuah komentar yang tidak sopan atau gambar yang memalukan saat di kampus dapat dengan mudah membuat calon bos berpikir untuk mempekerjakan Anda.

Anda tentu tidak ingin sesuatu yang di-posting beberapa tahun yang lalu akan membahayakan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan hari ini, bukan? Inilah pentingnya untuk melakukan audit sosial media.

Baca Juga: Tips Membersihkan Sosial Media Sebelum Melakukan Wawancara Kerja

Tetapkan Aturan Dasar dengan Teman-teman Anda

Anda dapat mengontrol apa yang Anda posting, tetapi tidak selalu dengan posting yang diberi tag. Bicaralah dengan teman-teman Anda dan mintalah mereka untuk tidak menandai Anda dengan apapun yang tidak akan dianggap profesional.

Bila Anda memiliki beberapa akun, pastikan teman-teman Anda tahu akun yang privat dan publik sehingga mereka dapat men-tag akun yang tepat.

Google Diri Anda Sendiri

Google Search dapat membantu anda menemukan posting lama dan akun lama yang mungkin sudah Anda lupakan. Begitu juga dengan forum yang Anda posting beberapa tahun yang lalu. Mungkin Anda sudah lupa, tetapi tidak dengan internet.

Untuk melakukan audit sosial media, nonaktifkan semua akun yang Anda temukan hasil dari searching yang sudah tidak Anda gunakan. Setelah membersihkan semua akun, Anda bisa menggunakannya untuk mendapatkan pekerjaan.

Update LinkedIn Anda

Untuk melakukan audit sosial media, pastikan profil LinkedIn Anda telah di-update dan secara akurat mencerminkan resume Anda. Ini adalah situs pertama yang akan dilihat oleh manajer perekrut dan dapat membantu atau menggagalkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Foto profil Anda seharusnya juga terbaru dan profesional. Titel pekerjaan dan deskripsi seharusnya juga sesuai dengan apa yang Anda tulis dalam resume.

Anda dapat memperluas deskripsi dan menambah materi tambahan yang tidak tercakup dalam resume, seperti artikel dan video. Ingatlah untuk tidak memperlakukan LinkedIn seperti jejaring sosial. Biarpun posting gif atau meme masih dapat diterima, namun jangan diterapkan di LinkedIn. Gunakan LinkedIn untuk berbagi konten dan network dengan profesional lainnya.

Tunjukan Keahlian Anda

Sosial media bukan hanya untuk meme dan gif hewan peliharaan. Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan keuntungan seperti untuk sharing dan berbagi konten yang relevan dengan bidang pekerjaan Anda.

Berbagi konten dapat membantu Anda menumbuhkan jaringan Anda dan menghubungan dengan orang-orang yang berpengaruh. Ciptakanlah konten Anda sendiri yang hebat untuk menunjukan keahlian Anda saat melakukan audit sosial media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here