Bosan Kerja Kantoran? Lakukan Ini untuk Mendapatkan Remote Job

Dapat menemukan remote job yang tepat adalah hal yang melegakan buat seseorang yang bosan kerja kantoran. Bekerja dari rumah memang sedang tren. Faktor fleksibilitas dan jadwal yang dapat disesuaikan pun menjadi salah satu alasan. Nah, bila sekarang kamu sedang berusaha menemukan remote job yang pas, ada beberapa tips yang dapat diikuti.

Miliki Kualifikasi Ini Bila Kamu Ingin Bekerja dari Rumah

Ada berbagai persyaratan bila kamu ingin mendapatkan remote job, yaitu,

  • Punya motivasi diri. Ketika kamu ingin pindah dari kantor dan dan ingin bekerja dari rumah, kamu harus mampu memotivasi diri agar pekerjaan dapat segera diselesaikan. Mengambil inisiatif ini menjadi satu hal penting yang perlu kamu pertimbangkan.
  • Komunikasi. Individu yang ingin mendapatkan remote job, terutama yang belum berpengalaman, harus bisa memberi contoh berkomunikasi dengan baik melalui email, video conference, dan program chat online.
  • Visibilitas. Meskipun kamu tidak berada di kantor, namun pekerja remote tetap harus ‘visible’ seperti halnya orang kantoran. Perusahaan lebih suka mempekerjakan orang yang memiliki kualitas diri dan nilai tambah biarpun ia tidak bekerja di kantor tiap hari.

Baca Juga: Makin Ngetren, Ini Plus Minus Bekerja secara Remote Bagi Perusahaan

Bagaimana Menemukan Lowongan Remote Work?

Hal pertama yang perlu kamu tahu adalah tidak semua karier mendukung pekerjaan jarak jauh. Profesi seperti teknologi, customer service, manajemen proyek dan perekrutan dapat dilakukan secara remote. Sementara pekerjaan seperti perawatan kesehatan dan industri pendidikan tidak membuka peluang untuk remote work.

Setelah menemukan profesi yang memungkingkan untuk remote job, kamu bisa mencari lowongan secara online. Kamu tentu memerlukan berbagai keywords dalam pencarian, yang biasanya menggunakan istilah tertentu. Misalnya istilah seperti remote, bekerja dari rumah, bekerja di rumah, virtual atau virtual job, pekerjaan online, dan lainnya.

Untuk meningkatkan peluang menemukan remote job, kamu bahkan bisa mencari pekerjaan hingga ke luar negeri, asalkan perusahaan memperkenankan kamu untuk melakukan pekerjaan dari rumah.

Dan karena ini dilakukan secara online, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang cepat dan selalu memeriksa email untuk melihat apakah kamu menerima email dari perusahaan tempat kamu melamar kerja.

Dengan begitu, kamu tidak akan ketinggalan informasi sehingga kesempatan untuk bekerja dari rumah dapat terwujud. Pastikan juga kamu berlangganan pada situs online tertentu agar selalu mendapatkan informasi terkini mengenai remote work yang diinginkan.

Bagaimana Melakukan Interview Kerja untuk Remote Work?

Ketika resume kamu akhirnya mendapatkan kesan positif dari sebuah perusahaan, kamu tentu akan mendapatkan undangan interview, yang umumnya akan dilakukan via skype atau video conference. Ketika interview perusahaan akan fokus pada topik seperti kemampuan untuk melakukan kolaborasi, motivasi diri, dan tekun menyelesaikan tugas.

Ada juga pertanyaan lain yang perlu kamu persiapkan jawabannya, seperti, “Bagaimana kamu mempertahankan hubungan kolaborasi dengan rekan kerja lain yang memiliki geografis berbeda”, “Bagaimana kamu menjaga momentum atas proyek yang sedang berjalan”, dan ‘Ceritakan pada kami ketika kamu menghadapi kesulitan interaksi karena remote work yang harus dijalani?”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here