Wajib Tahu, Ini 5 Bahan Alami untuk Menghentikan Inflamasi

bahan alami untuk menghentikan inflamasi

Inflamasi adalah reaksi yang terjadi saat tubuh mengalami serangan dari mikroorganisme. Proses ini diasosiasikan dengan pembersihan dan perbaikan jaringan yang rusak dan ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat, bengkak, terasa nyeri dan beberapa gangguan fungsi organ tubuh. Hal ini adalah hal yang alami dan Anda tidak perlu mengkhawatirkannya karena dengan menggunakan bahan alami kondisi tersebut akan dapat dengan mudah diatasi.

Bahan alami tersebut dinilai mampu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan mengembalikan keseimbangan pada tubuh kita. Sebab jika inflamasi tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan menyebabkan peradangan kronis yang berhubungan dengan penyakit seperti radang sendi, diabetes, penyakit jantung dan kanker. Kondisi yang semakin parah ini juga disinyalir terjadi akibat beberapa penyebab seperti merokok, pola makan yang buruk, aktivitas fisik yang rendah, kurang tidur dan stres.

Baca Juga: Jangan Berlebihan! Nyatanya Minum Soda Meningkatkan Risiko Kanker

Untungnya, masih banyak bahan alami di luar sana yang dapat membantu mengatasi inflamasi. Bahan alami tersebut antara lain:

Buah Beri

Sumber: hellosehat.com

Empat jenis buah beri seperti strawberry, blackberry, raspberry dan blueberry sudah dikenal luas sebagai superfood yang cocok dikonsumsi setiap hari. Meski jenis buah ini memiliki ukuran yang kecil, namun Anda tidak perlu meragukan khasiatnya. Bahan alami ini mengandung antioksidan tinggi termasuk diantaranya Vitamin C, anthocyanin dan karotenoid. Senyawa tersebut nyatanya mampu menyingkirkan ‘radikal bebas’ yang memicu peradangan di tubuh.

Sayuran Hijau Tua

Sumber: grandforksherald.com

Sayuran berdaun hijau tua termasuk diantaranya kale, bok choy, bayam dan brokoli adalah bahan alami yang juga merupakan sumber vitamin yang cukup lengkap. Selain  itu, dalam sayuran ini terdapay zat phytochemical yang dapat mengurangi peradangan dengan cara melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sayuran hijau tertentu termasuk diantaranya brokoli dan bok choy mengandung senyawa yang disebut sulforaphone yang malah dapat memblokir peradangan sejak dini. Kuncinya adalah, semakin tua warna daunnya maka akan semakin baik.

Roseship

Sumber: wikimedia.org

Belakangan ini rosehip sebagai bahan alami semakin populer karena memiliki manfaat luar biasa jika dijadikan produk skin care. Tapi tahukah Anda bahwa roseship yang berbentuk bubuk juga merupakan salah satu sumber vitamin yang baik bagi tubuh dan  mengandung antioksidan dan fitokimia. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki roseship berasal dari kandungan phytochemical yang juga mampu melindungi sendi, serta mengurangi rasa nyeri akibat peradangan.

Nanas

Sumber: hellosehat.com

Selain rasanya yang segar, nanas juga sudah dikenal mampu diolah menjadi obat dalam melawan peradangan. Ini berkat kandungan bromelain yang telah digunakan secara klinis sebagai agen anti-inflamasi pada arthritis, cedera jaringan lunak, peradangan kolon, sakit kronis dan asma. Kabar baik lainnya, zat ini juga dapat membuat kulit tampak semakin bersinar dan sehat!

Ikan yang Mengandung Minyak

Sumber: Liputan6.com

Kandungan asam lemak omega-3 ternyata juga memiliki efek anti-inflamasi. Komponen aktif omega-3, yang dikenal sebagai EPA dan DHA akan bekerja dengan cara menghambat peradangan dengan mengganggu sel-sel kekebalan pro-inflamasi. Bahan alami yang menjadi sumber terbaik omega-3 contohnya adalah salmon, mackerel, tuna sirip biru, selar, dan sardin). Sementara sumber omega-3 yang kadarnya lebih rendah dapat Anda dapatkan dari minyak canola, biji rami, biji chia, hazelnut, pecans, macadamias dan walnut. Usahakan mengonsumsi ikan 2 hingga 6 kali dalam satu minggu untuk manfaat anti-inflamasi.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Inilah 3 Jenis Daging Penyebab Kanker

Agar selalu sehat, pastikan Anda memasukkan bahan alami seperti yang disebutkan di atas untuk menghindari inflamasi.

Beri komentar Anda tentang artikel ini