Cek Dulu, Bahan Anti Aging Ampuh Ini pada Produk yang Kamu Pakai

Ketika berbicara tentang bahan anti aging yang ampuh untuk bisa bikin awet muda, masih banyak wanita yang belum mengetahuinya. Padahal, jika kamu memilih produk yang tepat, hal ini bisa membantu kamu untuk melawan munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis-garis halus.

Lalu, apa saja sih, bahan anti aging ampuh yang seharusnya ada pada produk yang kamu beli?

Sunscreen

Tidak diragukan lagi jika sunscreen atau tabir surya menempati nomor satu dalam daftar ketika kamu sedang memilih bahan anti aging ampuh.

Dengan menggunakan tabir surya yang memiliki perlindungan spektrum luas, yang berarti mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB, paling tidak SPF 30, kamu bisa terhindar dari kerusakan kulit akibat sinar matahari, misalnya noda gelap, keriput, bahkan kanker kulit.

Retinol

Bersama dengan tabir surya, retinoid seperti retinol juga menjadi bahan skincare yang memiliki bukti aktual untuk mendapatkan manfaat anti aging. Semua retinoid adalah bentuk dari vitamin A yang terjadi secara alami.

Tetapi ketika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti telur, susu, brokoli, dan wortel, tubuh perlu mengubah pre-form dan pro-vitamin dari vitamin A menjadi bentuk yang aktif untuk digunakan.

Retinoic Acid

Retinol pada akhirnya diubah menjadi retinoic acid di dalam tubuh. Jadi, tidak mengherankan kalau retinoid acid menjadi salah satu bahan anti aging powerful yang perlu dimasukan untuk mengatasi penuaan dini. Bahkan, sebagian diantaranya dimasukan dalam obat jerawat, misalnya dalam bentuk tretinoin (Retin-A) dan isotretinoid.

Namun begitu, pemakaian retinoi acid juga punya potensi efek samping seperti kulit kering, mengelupas, gatal, dan sensitivitas. Jadi, ketika kamu menggunakan produk anti aging yang mengandung retinoic acid, penting diingat untuk selalu melembapkan kulit, sekaligus mengaplikasikan sunscreen.

Baca Juga: Dermatologis: Bahan Produk Anti Penuaan Dini untuk Mencegah Munculnya Keriput di Wajah

Vitamin C

Salah satu bahan aktif yang paling umum digunakan dalam produk skincare sekarang ini adalah vitamin C. Vitamin C ini dapat bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Plus, vitamin C juga secara efektif dapat digunaan untuk mencerahkan noda gelap pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Niacinamide

Sebenarnya, bahan skincare yang makin populer ini adalah sebuah bentuk dari vitamin B3 yang menunjukan harapan untuk dapat melawan kerusakan kulit akibat radikat bebas, mampu untuk mencerahkan noda gelap, dan mengatasi jerawat.

Untuk kamu yang punya jenis kulit sensitif pun tidak perlu risau karena menurut hasil penelitian menunjukan jika niacinamide dapat mencerahkan kulit dengan sedikit efek samping atau iritasi kulit dibandingkan dengan lini perawatan kulit lainnya.

Asam Salisilat

Biarpun kamu lebih familiar dengan asam salisilat untuk mengatasi jerawat, namun beta-hydroxy-acid (BHA) ini juga dapat masuk dalam daftar bahan anti aging ampuh karena memiliki kekuatan eksfoliasi yang serius.

Tidak heran jika banyak produk anti aging yang memformulasikan produk mereka dengan asam salisilat. Tidak hanya itu, hasil penelitian juga menunjukan adanya bukti jika bahan ini dapat meningkatkan produksi kolagen.

Glycolic Acid

Salah satu dari dua alpha-hydroxy acic (AHSs) yang kuat adalah glycilic acid, yaitu eksfolian kimia yang seringkali digunakan pada produk seperti peeling, toner eksfoliasi, cleanser dan krim. Bahan ini diketahui dapat bekerja dengan melarutkan ikatan antara sel-sel kulit.

Jadi, saat kamu membersihkan kulit, kamu bisa membersihkan sel-sel kulit mati hingga membuat kulit lebih halus pada bagian bawahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here