Jangan Menjelek-jelekkan Kantor Lama agar Karier Cemerlang

Menjelek-jelekkan kantor lama
Sumber : Jobsite

Ketika menjalani proses wawancara kerja, Anda pasti ingin terlihat menarik dan memiliki nilai lebih dibandingkan kandidat karyawan lain. Hal tersebut memang sah-sah saja. Anda harus menunjukkan kelebihan Anda semaksimal mungkin agar peluang diterima kerja semakin besar. Namun, jangan pernah menjelek-jelekkan kantor lama bila ingin karier Anda tetap cemerlang.

Ingin tahu mengapa Anda tidak boleh menjelek-jelekkan kantor lama? Inilah alasannya!

Perusahaan Saling Terhubung Satu Sama Lain

Sumber : Imagenesmy

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa berbagai perusahaan di bidang yang sama ternyata saling terhubung satu sama lain. Tim HRD dari masing-masing perusahaan bisa melakukan cross check untuk mencari tahu kebenaran informasi dari kandidat karyawan. Jangan sampai Anda menyampaikan fitnah yang menjelek-jelekkan kantor lama. Karena hal tersebut malah akan mengurangi nilai Anda di mata perusahaan baru. Anda akan dianggap sebagai orang yang berbahaya dan tak layak mendapatkan kesempatan kerja.

Baca Juga: Ini Dia Kesalahan Klasik saat Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Membuat Suasana Wawancara Terkesan Negatif

Sumber : Goban King Rates

Dalam proses wawancara kerja, Anda harus mampu menciptakan suasana yang positif. Supaya staf yang mewawancarai Anda pun merasa enjoy dengan kehadiran Anda. Daripada Anda menciptakan suasana yang kurang kondusif, alangkah lebih baik jika Anda menceritakan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Anda akan Dianggap Kurang Profesional

Sumber : Teacher Magazine

Menjelek-jelekkan kantor lama ternyata justru akan merugikan diri Anda sendiri. Karena Anda akan dianggap sebagai pribadi yang kurang profesional. Setiap perusahaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, kekurangan perusahaan yang lama tak patut ditunjukkan kepada perusahaan lainnya. Justru rahasia perusahaan harus disimpan baik-baik sekalipun Anda sudah tidak menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Anda Juga Dianggap Berbahaya

Sumber : The Muse

Selain dianggap kurang profesional, tindakan menjelek-jelekkan kantor lama juga bisa membuat Anda dianggap berbahaya. Terutama jika Anda menyampaikan hal-hal yang sifatnya sangat rahasia. Tak ada perusahaan yang mau mempekerjakan orang-orang yang berisiko menimbulkan “bahaya”. Jadi, peluang diterima kerja pun akan semakin kecil kalau Anda sudah dianggap bisa membahayakan perusahaan baru.

Di zaman yang serba canggih ini, menemukan informasi tentang diri Anda dan perusahaan lama Anda bukanlah hal yang sulit. Jadi, jangan sampai Anda terkesan sibuk menjelek-jelekkan kantor lama dalam sesi wawancara kerja. Fokuslah pada kelebihan yang bisa Anda berikan untuk perusahaan baru.

Beri komentar Anda tentang artikel ini