Mematikan! 6 Tanda Minum Air Berlebihan Bisa Merengut Nyawa

Air sangat penting bagi tubuh manusia dan tetap terhidrasi menjadi kunci utama untuk siapa pun yang ingin mempertahankan gaya hidup sehat. Namun, apa pun yang berlebihan tentu tidak baik, begitu juga bila Anda minum terlalu banyak air. Pakar kesehatan merekomendasikan sembilan hingga 13 gelas cairan per hari saja yang sebaiknya dikonsumsi orang dewasa. Berikut ini enamtanda bila Anda minum air berlebihan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan, mulai dari pusing hingga merenggut nyawa.

Sakit Kepala hingga Merenggut Nyawa, Ini 6 Tanda dan Masalah Kesehatan Bila Anda Minum Air Berlebihan

Urin Berwarna Bening

Anda mungkin tahu bahwa air seni yang berwarna gelap bisa menjadi tanda dehidrasi, tetapi itu tidak berarti Anda harus membuat urin menjadi benar-benar jernih.

Urin berwarna kuning pucat yang terlihat seperti limun menunjukkan tingkat hidrasi yang sehat. Di sisi lain, urin yang tidak berwarna bisa menjadi tanda Anda mengalami kelebihan cairan dan perlu mengurangi asupan air.

Berkali-kali Buang Air Kecil pada Malam Hari

Kebanyakan orang buang air kecil enam atau tujuh kali setiap 24 jam. Jika Anda sering buang air kecil dan harus bangun di malam hari untuk menggunakan kamar mandi, Anda mungkin minum terlalu banyak air.

Kondisi lain seperti infeksi saluran kemih, diabetes, masalah prostat, dan kelemahan dasar panggul juga dapat menyebabkan sering buang air kecil. Jadi, bicarakan dengan dokter Anda jika Anda buang air kecil lebih banyak dari biasanya.

Menderita Sakit Kepala

Terlalu minum air berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan natrium dalam darah yang menyebabkan pembengkakan di jaringan tubuh. Sel-sel otak sangat rentan terhadap efek ini, yang dapat menyebabkan otak menekan tengkorak. Sakit kepala yang berdenyut-denyut mungkin merupakan tanda bahwa otak Anda mengalami sedikit pembengkakan karena kelebihan cairan.

Baca Juga: Patut Dicoba, Ini Cara Meringankan Sakit Kepala tanpa Minum Obat

Dalam kasus yang ekstrim, minum air berlebihan hinggamenurunkan konsentrasi natrium dalam darah menyebabkan otak Anda membengkak dan berada pada kondisi bahaya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan otak, kejang, koma, atau kematian yang ireversibel.

Otot-otot Terasa Gemetar atau Lemah

Minum air berlebihan dapat menyebabkan kelemahan otot, kejang atau kram. Gejala-gejala ini dapat muncul ketika natrium dalam darah Anda menjadi encer. Memperhatikan getaran atau rasa sakit pada lengan dan kaki Anda yang tampaknya tidak berhubungan dengan aktivitas fisik atau ketegangan mungkin merupakan tanda bahwa Anda terlalu terhidrasi dan kekurangan elektrolit vital.

Badan Terasa Selalu Lemas dan Lelah

Jika Anda cukup tidur tetapi masih merasa lelah, salah satu penyebabnya mungkin kelebihan cairan. Minum air berlebihan dapat mengakibatkan hilangnya energi, kantuk, atau rasa lelah yang konstan karena menciptakan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Mengalami Kebingungan atau Disorientasi

Salah satu tanda overhidrasi atau keracunan air adalah perasaan kebingungan atau disorientasi. Ini terkait dengan penurunan kadar elektrolit seperti natrium dalam tubuh. Jika asupan air terus berlebihan, gejala dapat berkembang dari kebingungan ringan menjadi delirium dan kejang.

Beri komentar Anda tentang artikel ini