Bahaya, Jenis Pelecehan Seksual di Kantor Ini Sering Dianggap Biasa!

Pelecehan seksual di kantor kerap terjadi tanpa disadari, baik oleh korban maupun pelaku. Ada beberapa hal yang terlanjur dianggap biasa dilakukan. Padahal, tindakan tersebut sebenarnya menjurus ke bentuk pelecehan loh.

Berikut hal-hal biasa yang patut kamu waspadai jika mengalaminya di kantor. Ingat, pelecehan seksual di kantor terkadang tanpa disadari bisa membuat kesehatan mentalmu menurun juga.

Pelecehan Verbal

Bentuk pelecehan seksual di kantor yang paling dianggap biasa adalah dalam bentuk verbal alias perkataan. Pernahkah kamu mendapati atasan atau rekan kerjamu mengomentari penampilan hingga bentuk tubuhmu? Guyonan semacam itu justru merupakan komentar yang bisa merendahkanmu.

Selain bentuk guyonan seputar badan, ada pula pelecehan dalam bentuk rayuan. Beberapa karyawan wanita pernah mengalami bentuk pelecehan ini dari atasannya. Entah berniat bercanda atau tidak, rayuan atau godaan kepada bawahan jelas tidak pantas dilakukan di kantor.

Pelecehan Fisik

Nah, bentuk pelecehan seksual di kantor berikutnya ini justru paling nyata terlihat. Pelecehan fisik dapat berupa sentuhan pada tubuh yang tidak diinginkan hingga pandangan mata tidak senonoh. Pernahkah kamu merasa risih saat rekan kerja memandangmu dengan tatapan penuh nafsu?

Sayangnya, pelecehan semacam ini makin marak ditemui dan terkesan biasa. Para korban pun biasanya hanya diam karena malu dan takut untuk melaporkannya pada HRD. Apalagi jika yang selama ini melakukan pelecehan adalah atasan sendiri.

Baca Juga: Lindungi Karyawan dari Pelecehan, Wipro Unza Indonesia Lakukan Ini

Penguntitan oleh Rekan Kerja

Tentu kamu sudah tidak asing dengan istilah stalking bukan? Ternyata bukan hanya kebiasaan para mantan nih yang suka stalking. Rekan kerjamu pun sangat berpotensi untuk bisa melakukan hal ini loh.

Penguntitan sangat dapat menimbulkan pelecehan seksual fisik secara terencana. Apabila kamu merasa ada rekan kerja yang suka membuntutimu dan membuatmu tak nyaman, segera laporkan ke HRD. Hal ini juga berlaku di dunia maya ya, terlebih jika ada rekan kerja yang agresif “menyerangmu” lewat media sosial.

Tindakan Kurang Menyenangkan Rekan Kerja

Ada kalanya pelecehan seksual di kantor yang dilakukan rekan kerja terasa biasa. Misalnya, rekan kerjamu tidak tahu batasan hubungan profesional sehingga merasa bebas menyentuhmu. Bahkan, ada kalanya suka memberikan komentar jorok yang membuatmu risih.

Beberapa wanita mengaku pernah dikirimi beberapa konten tidak senonoh oleh rekan kerja sendiri. Nah, ini merupakan bentuk pelecehan juga loh. Jangan sampai kamu diam saja saat mendapat perlakuan ini, kalau perlu jauhi hubungan dengannya.

Adakah bentuk pelecehan seksual di kantor yang pernah kamu alami? Semoga kita semakin peka dan sadar akan bentuk-bentuk tadi. Yuk, sama-sama lawan pelecehan ini!

1 COMMENT

  1. Hi kak,

    Perkenalkan saya merlyn dari situs HL8 ingin menawarkan kerjasama dalam bentuk program affiliasi dimana anda bisa mendapatkan keuntungan komisi 40% flat dari kami setiap bulannya, Apabila anda tertarik silahkan hubungi kami di affiliate[a]hl8asia .com atau fb saya.

    Terima kasih atas perhatiannya

    merlyn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here