Ini Pentingnya Menggunakan Produk Kecantikan Tanpa Pewangi

Bahaya pewangi pada produk kecantikan

Parfum mungkin menjadi salah satu barang yang wajib ada di tas kamu. Bukan hanya untuk badan, zat pewangi pada parfum nyatanya bisa kamu temukan hampir pada semua produk kecantikan. Selain menyamarkan bau asli, zat ini juga kerap disesuaikan untuk meningkatkan wangi dari bahan asli pembuatan seperti bunga, buah, kayu, rempah atau bahkan makanan!

Sayangnya, wewangian sintetis dapat menjadi bahan yang sensitif dan dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Selain rasa panas terbakar, kulit bisa timbul ruam dan kemerahan yang menyakitkan. Tentunya kamu tidak mau mengalaminya, bukan? Nah, sebelum salah membeli, yuk simak bahaya pewangi pada produk kecantikan berikut!

Tanpa Anda Sadari, Ini Dia Bahaya Pewangi pada Produk Kecantikan

Bagaimana Kulit Bereaksi terhadap Wewangian

Sumber: getthegloss

Cara penyebaran aroma pada wewangian sebenarnya timbul karena adanya penguapan yang cepat. Sayangnya, reaksi ini justru paling sering menimbulkan sensitivitas pada kulit, lho. Bahkan, penelitian menemukan bahwa wewangian dalam produk perawatan kulit adalah salah satu penyebab paling umum dari reaksi kulit sensitif. Dan ternyata, ini tidak hanya terjadi pada mereka yang memiliki kulit sensitif atau kemerahan, melainkan untuk semua jenis kulit.

Jika menurutmu kulitmu aman-aman saja karena nggak menunjukkan tanda-tanda iritasi, mungkin kamu akan merasa tenang. Eits, tapi jangan senang dulu! Ada beberapa kasus di mana kerusakan kulit nggak terjadi secara cepat, namun baru terlihat dalam jangka waktu yang lama. Misalnya saja, kamu jarang menggunakan tabir surya saat terpapar langsung matahari. Walaupun kamu tidak melihatnya secara langsung di permukaan kulit, tetapi kerusakan tetap terjadi di bawah permukaan kulit yang bersifat kumulatif dan berpotensi mematikan. Hal ini juga akan terjadi saat kamu terus-menerus menggunakan produk bahan pewangi di dalamnya.

Baca Juga: Senjata Rahasia yang Perlu Masuk Dalam Produk Perawatan Kecantikan Kulit

Mengapa Begitu Banyak Produk Mengandung Wewangian?

Sumber: ctsinuscenter

Jika kamu akan membeli sebuah produk dan memiliki wangi yang tidak enak, apakah kamu jadi untuk membelinya? Tentu tidak. Nyatanya, banyak orang yang suka dan lebih percaya pada produk perawatan kulit atau  rambut dengan wangi yang harum. Perusahaan kosmetik pun tahu bagaimana produk yang wangi akan berdampak pada keputusan pembelian konsumen. Selain itu, aroma wangi juga dibutuhkan untuk menutupi bau normal produk yang terkadang tidak enak, terlebih pada produk yang akan disimpan dalam jangka waktu yang panjang. Kamu mungkin tahu adanya kandungan minyak esensial atau bahan pewangi alami pada produk favoritmu. Namun tanpa kamu sadari, banyak minyak esensial dan ekstrak tumbuhan wangi memang memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kulit justru berdampak buruk bagi kulit saat mengeluarkan aroma yang berubah.

Bisakah Penciumanmu Mengetahuinya?

Sumber: womensedge

Sayangnya, hanya dengan mencium aromanya saja, kita tidak bisa mengetahui mana produk kecantikan yang baik digunakan atau berbahaya untuk kulit. Tak perlu takut memilih produk tanpa tambahan pewangi, beberapa bahan alami bisa saja memiliki aroma yang menyenangkan tanpa menyebabkan iritasi seperti vanili, melon, lidah buaya, almond, coklat, shea butter, dan mentimun. Meski tak seharum pewangi buatan, bahan ini akan aman untuk penggunaan jangka panjang.

Nah, apa pun jenis perawatan kulitmu, ada baiknya untuk memahami dan membaca terlebih dahulu kandungan apa yang mereka gunakan pada labelnya. Terlebih lagi setelah mengetahui bahaya pewangi pada produk kecantikan di atas. Bukan hanya pewangi, kamu bisa menghindari zat-zat berbahaya yang akan berdampak buruk pada kulitmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here