Ladies, Ini Batas Waktu Penggunaan Produk Kosmetik yang Harus Anda Ketahui!

5
produk kosmetik
Sumber : cantiknyakulitsehat

Terlepas dari banyaknya kosmetik yang Anda miliki untuk menunjang penampilan, tahukah Anda bahwa kosmetik juga memiliki tanggal kadaluarsa? Ya, sama dengan obat dan bahan pangan, kosmetik juga memiliki tanggal kadaluarsa. Walapun kosmetik Anda terlihat tak ada perubahan meski kadaluarsanya telah lewat, namun Anda perlu berhati-hati karena berbagai jenis kuman dan jamur mungkin saja tengah berkembang pada kosmetik tersebut. Jika Anda tetap kukuh menggunakannya, maka hal yang ditakutkan seperti gangguan pencernaan atau iritasi kulit bisa saja terjadi. Sayangnya, tak semua produk kosmetik mencantumkan tanggal kadaluarsa. Untuk itu, ulasan berikut ini akan memberitahu Anda mengenai batasan waktu yang dimiliki tiap produk kosmetik sebelum keadaannya tidak layak lagi untuk digunakan.

Batas Waktu Penggunaan Produk Kosmetik

1. Lipgloss dan Lipstick

Lipstik yang Digunakan
Sumber : alzefaf

“Senjata” bagi para wanita ini menjadi item yang harus dimiliki dan harus dibawa ke mana pun mereka pergi. Tanpa adanya polesan lipgloss atau lipstick, banyak wanita yang merasa kurang percaya diri. Sayangnya, baik lipstick maupun lipgloss menjadi salah satu kosmetik yang mudah terkena bakteri. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada bibir Anda, sebaiknya ganti lipgloss jika berbau menyerupai bahan kimia atau setiap 6 bulan sekali. Sedangkan untuk lipstick, aman digunakan selama setahun atau selama warna dan aromanya tak berubah.

Baca Juga: Bagi Anda Penggila Makeup, Kosmetik Ini Tidak Disarankan untuk Dipakai Setiap Hari! Mengapa?

2. Kosmetik Wajah

Sumber: lifestyle.liputan6

Semua bahan kosmetik yang bertekstur bubuk seperti bedak ataupun blush on bisa Anda gunakan selama 18 hingga 24 bulan. Selama warna dan aroma tak berubah atau berbau aneh, kosmetik jenis ini masih sangat aman untuk digunakan. Untuk kosmetik yang bertekstur cair seperti foundation, Anda hanya boleh menggunakan atau menyimpannya hingga satu tahun lamanya. Hal ini dikarenakan tiap Anda menyetuh kosmetik cair, maka kosmetik cair Anda telah tercemar oleh bakteri.

3. Maskara dan Eyeline Cair

Sumber: ebay

Jika tak mau mengalami iritasi mata yang disebabkan oleh kosmetik kesayangan Anda, maka Anda harus mengganti maskara dan eyeliner setiap 2–3 bulan sekali. Mengapa? Karena setiap Anda selesai mengaplikasikan maskara atau eyeliner dan mengembalikan sikat ke dalam tabungnya, tanpa disadari Anda telah “mengikutsertakan” bakteri ke tabung tersebut.

4. Obat Jerawat

Benarkah Minyak Vitamin C Dapat Digunakan Untuk Mengatasi Jerawat? Temukan Jawabannya di Sini
Sumber: Mydr

Pada umumnya, obat jerawat selalu mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasan. Jika tanggal kadaluarsanya telah lewat, sebaiknya langsung hentikan pemakaian. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari tertularnya bakteri dan kuman ke wajah Anda yang mungkin saja malah membuat wajah semakin bermasalah. Jika ingin memperpanjang masa pemakaian, Anda bisa menaruh obat jerawat di tempat dingin dan kering.