Baterai Smartphone Cepat Habis? Mungkin Inilah Penyebabnya

baterai smartphone
Sumber: istockphoto

Smartphone merupakan sebuah alat komunikasi pintar yang kini banyak digunakan untuk memperlancar kegiatan sehari-hari. Baik itu untuk tugas kantor yang terlampau penting atau pun sekedar untuk hiburan saat bosan. Namun sayangnya, para pengguna smartphone harus menghadapi banyak masalah. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah baterai yang cepat habis saat mereka berada di luar ruangan. Lalu sebenarnya, apa penyebab baterai smartphone cepat habis ?

Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Terlalu Banyak Aplikasi yang Dipasang

terlalu banyak aplikasi

Pemberitahuan langsung (push notification) sejumlah aplikasi yang belum tentu Anda perlukan sebenarnya sangat menguras baterai. Sebab, setiap pengguna mengaktifkan push notification, aplikasi secara periodik akan mengecek pemberitahuan yang dimunculkan di tampilan home. Untuk itu, hentikan pemberitahuan langsung beberapa aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan untuk menghemat baterai.

Ponsel Terlalu Jadul

ponsel jadul

Ponsel lama cenderung memiliki baterai yang tidak sehat. Kebanyakan dari ponsel saat ini memakai teknologi non-replaceable atau tidak bisa diganti. Maka, jika baterai smartphone Anda cepat habis, mau tak mau Anda harus menggantinya dengan smartphone baru.

Bluetooth yang Tak di Non-aktifkan

bluetooth

Matikan fitur Bluetooth merupakan salah satu cara untuk menghemat beratai smartphone. Tapi kebanyakan dari pengguna lupa mematikan fitur yang satu ini padahal sedang tidak memakainya.

Terlalu Sering Menelepon

terlalu sering telpon

Teleponan memang baterai lebih cepat habis, ini tentu berbeda dengan berkirim pesan. Sebab, menelepon akan menggunakan lebih banyak kapasitas jaringan sekaligus suara.

Terlalu Banyak Mengambil Foto

ambil foto

Tak hanya membuat kapasitas penyimpanan menjadi penuh, terlalu banyak mengambil foto pun membuat baterai menjadi cepat habis. Supaya lebih hemat, aktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode).

GPS Aktif

GPS aktif

Menontaktifkan fitur GPS saat tidak digunakan sangat disarankan untuk lebih menghemat baterai. Ada sejumlah aplikasi yang secara otomomatis menggunakan GPS, ini membuat baterai lebih terkuras. Siapkan power bank jika fitur GPS benar-benar dibutuhkan.

Cuaca Panas

cuaca panas

Cuaca panas pun berdampak pada daya baterai. Saat cuaca panas, kamera pada smartphone bekerja lebih keras. Untuk itu, Anda harus meminimalisir penggunaan smartphone saat cuaca panas, atau bisa memilih tempat yang lebih teduh.

Koneksi Buruk

koneksi buruk

Koneksi yang buruk bisa membuat baterai lebih boros. Hal ini karena, ponsel harus mencari jaringan ke menara seluler. Meski sedang tidak dipakai, smartphone akan terus bekerja untuk mengirim dan menerima sinyak dari menara terdekat. Jika sudah seperti ini, gunakan Airplane Mode untuk menghemat baterai.

Itulah sejumlah hal yang membuat baterai cepat terkuras. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar Anda

komentar