Ini yang Membedakan Batuk Akibat Flu dan Batuk Akibat Alergi

Tidak peduli penyebabnya, batuk adalah penyakit yang cukup mengganggu. Apalagi jika batuk terlalu keras bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh, bahkan mengganggu orang lain. Tapi, bagaimana cara mengetahui penyebab kondisi ini terjadi, apakah disebabkan karena flu atau reaksi alergi? Nah, ternyata, ada beberapa perbedaan antara batuk akibat alergi atau flu yang wajib Anda ketahui!

Kenapa Kita Batuk?

Menurut Monica Lee, MD, seorang ahli THT di Massachusetts Eye and Ear, batuk adalah cara tubuh Anda untuk mencoba mengeluarkan sesuatu yang dianggapnya sebagai ancaman di saluran pernapasan. Ancaman yang berbeda-beda, bisa berbentuk sepotong makanan tersangkut di tenggorokan, serbuk sari, polusi udara, atau pembengkakan atau drainase dari jumlah lendir yang berlebihan di tenggorokan.

Pelbagai ancaman itu mampu mengiritasi serat sensorik di saluran napas Anda, yang kemudian merangsang Anda untuk batuk.

Dr. Lee pu  mengungkapkan yang terjadi pada tubuh saat seseorang mengalami kondisi ini sebetulnya cukup kompleks. Pada dasarnya, pita suara Anda menutup sebentar untuk menghasilkan tekanan di paru-paru. Setelah tekanan yang cukup terbentuk, pita suara terbuka lagi, dan udara mengalir dengan cepat melalui kotak suara yang menghasilkan suara khas.

Baca Juga: Ternyata 5 Minuman Ini Mampu Meredakan Batuk Membandel

Bisakah Alergi Menyebabkan Batuk?

Secara singkat, alergi memang bisa menyebabkan batuk. Biasanya, alergi akan menyebabkan batuk kering (reaksi langsung terhadap sesuatu yang sensitif atau alergi pada saluran udara). Jika itu masalahnya, kemungkinan Anda akan memiliki gejala lain seperti, mata gatal dan berair, hidung berair, tenggorokan gatal, dan bersin. Sakit kepala juga sering muncul saat alergi.

Batuk akibat alergi biasanya tergantung musim, seperti saat musim semi, tepatnya, ketika tanaman menghasilkan serbuk sari. Jika Anda sensitif terhadap hal ini, maka Anda segera merasakan gejalanya selama berjam-jam setelah Anda terpapar, atau bahkan setelah alergen itu tidak ada lagi.

Lalu, Bagaimana Mengetahui Batuk Akibat Flu?

Batuk karena pilek atau flu cenderung lebih basah yang disebabkan oleh banyaknya lendir yang berusaha dikeluarkan oleh tubuh. Biasanya, Anda akan mengalami gejala hidung tersumbat serta sakit tenggorokan atau dada tidak nyaman. Demam ringan juga bisa menjadi pertanda pilek.

Lagipula, batuk akibat pilek tidak secepat yang disebabkan karena alergi dan cenderung berkembang selama beberapa hari.

Baca Juga: Jeruk Nipis dan Kecap Ampuh Atasi Batuk, Benar atau Mitos?

Perlukah Khawatir?

Sesuatu yang penting untuk diingat adalah apapun penyebabnya Anda tidak boleh membiarkan batuk tanpa tindakan. Pilek biasanya berjalan dalam beberapa minggu. Sementara itu, panjang batuk yang berhubungan dengan alergi akan bervariasi tergantung pada bagaimana Anda mengobatinya.

Jika Anda melihat gejala masih kerap muncul dan cukup mengganggu aktivitas Anda, maka segeralah temui dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here