Hati-Hati! Begadang Sambil Bermain Ponsel Bisa Memicu Penyakit

Bagi kamu yang sering begadang sambil bermain ponsel, sudah saatnya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, kebiasaan ini bisa mendatangkan sejumlah masalah kesehatan yang cukup serius, lho.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Antonio Buchilli dari Lembaga Medis Nasional di Yordania, terlalu sering begadang sembari bermain ponsel terbukti secara medis akan mendatangkan beberapa masalah kesehatan. Berikut tiga di antaranya,

Kemampuan Otak Berkurang Signifikan

Selain bisa mendatangkan masalah insomnia, begadang sambil bermain ponsel juga bisa menyebabkan kemampuan otak berkurang secara signifikan. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar layar ponsel yang akan membunuh syaraf di otak secara perlahan tapi pasti.

Dampaknya, kamu akan mudah lupa. Selain itu, kamu juga akan menjadi rentan mengalami alzheimer di masa mendatang. Yang lebih menghawatirkan, efek ini tidak akan terasa langsung, namun kamu akan mulai merasakannya ketika syaraf di otak sudah banyak yang mati.

Baca Juga: Tips agar Tetap Sehat dan Kuat ketika Sedang Begadang

Kondisi Mental Menurun

Selain bisa merusak kulit wajah, paparan sinar yang dihasilkan dari ponsel juga bisa membuat kondisi mental seseorang menurun drastis. Biasanya, penderitanya akan mengalami rasa cemas dan tidak semangat dalam menjalani hidup sehari-hari.

Tentunya, kebiasaan begadang sambil bermain ponsel akan menjadikan dampak ini semakin lebih buruk. Hal ini disebabkan oleh kondisi otak kamu yang sebenarnya sudah lelah, namun kamu masih memaksakannya. Sehingga akan memengaruhi kondisi mental kamu.

Alhasil, hal tersebut akan menjadikan mood serta kondisi mental kamu menjadi menurun. Bahkan dalam beberapa kasus, dampak ini bisa berakhir pada kasus bunuh diri, lho. Hii serem.

Bermain Ponsel Terlalu Sering Memicu Stroke

Ya, seseorang yang sering begadang sembari bermain ponsel berpotensi besar terserang stroke. Kondisi otak yang sebenarnya sudah lelah, namun dipaksakan untuk beraktifitas bisa menyebabkan peredaran darah ke otak menjadi tidak lancar.

Hal ini disebabkan karena pembuluh darah di otak akan mengalami penyumbatan. Sehingga kamu sangat berpotensi besar mengalami stroke. Tentu kamu sadar kan bahwa stroke merupakan salah satu penyakit paling berbahaya bagi manusia?

Itulah tiga masalah kesehatan yang bisa menyerang kamu jika terlalu sering begadang sembari bermain ponsel. Oleh karena itu, mulailah terapkan pola hidup sehat. Selalu ingat pesan Rhoma Irama, “begadang boleh saja, kalau ada perlunya.” Setuju?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here