Agar Produk Makin Dicari, Bekali Customer Service dengan Skill Ini

Selain marketing, customer service juga memegang peranan penting dalam meningkatkan penjualan. Bahkan seringkali konsumen mengutamakan pelayanan ketimbang nilai dari sebuah produk. Jadi, pemilik bisnis harus meningkatkan skill customer service/layanan pelanggannya.

Layanan pelanggan yang baik akan berpengaruh pada pembelian ulang sebuah produk atau jasa. Dalam jangka panjang, akan memengaruhi customer loyalty dan customer lifetime value (CLV).

Selain itu, layanan pelanggan juga menjadi salah satu keunggulan sebuah produk (brand) dibandingkan produk lainnya. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan pemilik bisnis untuk meningkatkan skill customer service.

Meningkatkan Product Knowldege Lewat Pelatihan

Tips pertama untuk meningkatkan customer service adalah menyediakan pelatihan dan informasi tentang product knowledge. Customer service yang baik selayaknya memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk atau jasa yang ditawarkannya.

Hal ini diperlukan karena konsumen bisa saja menanyakan sesuatu yang terkait dengan produk. Semisal, cara penggunaan produk, kualitas, garansi ataupun diskon yang sedang berlaku. Bagi konsumen, jawaban yang tepat dari customer service memberikan sebuah nilai tersendiri.

Kemampuan Menanggapi Keluhan Konsumen

Seorang karyawan yang bekerja di bagian customer service membutuhkan kemampuan mendengar yang baik. Tidak hanya mendengar keluhan yang disampaikan secara lisan saja, lebih dari itu, customer service harus memiliki kemampuan membaca gesture untuk bisa mengetahui bahwa konsumen tersebut tidak puas atau kecewa.

Baca Juga: Begini Cara Terbaik Menanggapi Review Negatif yang Disampaikan Pelanggan Bisnis

Selain itu, customer service juga harus tanggap dan segera mencari solusi atas keluhan tersebut. Semakin lama konsumen menunggu, kesan yang didapatkan konsumen semakin buruk.

Karenanya, penting artinya bagi customer service untuk memiliki product knowledge serta akses yang mudah ke divisi lain seperti marketing, keuangan atau teknisi.

Tetap Ramah Melayani Konsumen

Customer service seringkali menjadi sasaran kemarahan atau complain dari konsumen. Namun, customer service harus memiliki ketenangan. Customer service bahkan harus tetap ramah menanggapi keluhan konsumennya, sembari memberikan solusi yang tepat untuk masalah yang dihadapi.

Menampung Feedback untuk Meningkatkan Customer Loyalty

Banyak pemilik bisnis menganggap bahwa jika tidak ada keluhan dari konsumen, berarti tidak ada masalah dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Namun, selayaknya pemilik bisnis membekali customer service-nya dengan kemampuan menampung feedback meskipun tidak ada keluhan yang disampaikan. Hal ini bisa dilakukan dengan menyebar questionnaire atau menanyakan secara langsung.

Hasil dari feedback selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan perbaikan dan pengembangan, baik dari sisi produk maupun layanan. Dengan demikan konsumen akan selalu mencari produk Anda dan setia menggunakannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here