Harus Bekerja dengan Klien yang Menyebalkan? Lakukan Hal-Hal Ini Biar Terasa Mudah

klien yang menyebalkan
sumber: africanleadership

Hubungan dalam dunia bisnis bisa begitu menyulitkan, terutama jika ini adalah hubungan-hubungan yang tidak bisa Anda hentikan begitu saja seberapa inginnya Anda, seperti ketika Anda bekerja dengan klien yang menyebalkan. Namun, ada cara-cara untuk melawan ketegangan tersebut. Dengan beberapa perubahan sederhana, Anda bisa belajar bagaimana caranya untuk menyingkirkan dulu masalah dan ketidaksukaan pribadi Anda, dan membangun hubungan profesional yang sehat meskipun dengan klien yang menyebalkan. Ingin tahu caranya? Simak tips-tips berikut ini.

Begini Caranya Bekerja dengan Klien yang Menyebalkan

Ingatlah bahwa Anda di Tempat Kerja

sungguh menyebalkan
sumber: dream

Ini mungkin adalah nasehat yang paling sederhana, tetapi nasehat yang paling penting untuk dimulai. Ingatlah bahwa Anda di tempat kerja dan Anda menjalankan sebuah pekerjaan. Kadang-kadang, setiap pekerjaan memang melibatkan aspek yang tidak Anda sukai. Mungkin rapat pagi-paginya, atau atasan-atasan Anda yang menugaskan Anda membuat salinan fotokopi berkas, atau harus jadi pihak yang menangani klien yang menyebalkan.

Mulailah menjauhkan diri Anda dari perasaan personal di situasi tersebut. Dan, anggap saja bahwa situasi itu sedatar atau sehambar mungkin. Ingatlah bahwa Anda di sana karena memang Anda harus melakukan sebuah tujuan dan menjalankan kewajiban kerja Anda. Anda tidak menjumpai orang tersebut di waktu luang. Fokus saja pada menyelesaikan kewajiban Anda agar segera menyudahi pertemuan itu.

Baca Juga: Tips Menyiapkan Konsumsi Rapat yang Lezat dan Pasti Disukai Semua Orang

Analisa Situasi Itu dan Sarankan Solusi Baru

pekerjaan baru yang menyebalkan
Sumber : wissebread

Apakah masalahnya ternyata lebih besar dari sekedar klien yang menyebalkan dan rewel? Apakah ada hal-hal lain yang harus diselesaikan dalam pekerjaan tersebut yang membuat Anda menjadi kelebihan beban kerja dan stres? Jika iya, maka selesaikan masalah ini. Menjaga hubungan bisnis yang baik bukan hal yang mudah. Dan, jika masalah terjadi, Andalah yang bisa menyelesaikannya, karena hanya Anda yang tahu seberapa besar situasi tersebut berpengaruh kepada diri Anda.

Jadwalkan sebuah waktu dimana Anda mendiskusikan perubahan dalam proses tersebut dengan klien Anda, tetapi pastikan bahwa perubahan tersebut sama-sama menguntungkan. Misalnya, mengalokasikan hari tertentu agar klien yang menyebalkan tersebut bisa memberikan briefing pekerjaan baru Anda bisa membawa hari-hari yang lebih produktif serta kualitas hasil yang lebih tinggi. Selain menguntungkan sang klien, ini juga mengurangi stres Anda dan beban kerja Anda.

Tulis Segalanya

menjaga kesabaran
Sumber: hipwee

Pastikan bahwa Anda menyimpan log percakapan tertulis maupun digital antara Anda dan klien Anda. Jika sang klien yang menyebalkan itu bilang bahwa ada masalah dengan cara Anda mengerjakan layanan atau jasa Anda, maka Anda akan memiliki detail-detail yang bsia membantu Anda mengambil tindakan yang tepat.

Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda sudah bisa memenuhi semua yang Anda janjikan kala bekerja dengan klien eksternal, dan bukannya terlalu menjanjikan hal-hal yang seharusnya tidak perlu. Jika ada catatan tertulis untuk mendukung atau melawan klaim tertentu, ini akan membantu membuat Anda menjadi lebih aman. Jadi, jika sang klien tersebut memaksa Anda untuk mengerjakan lebih banyak dari yang dari awal sudah disepakati, Anda akan punya dokumen yang bisa membantu Anda membuktikan bahwa yang dimintanya tidak benar. Terlalu mudah memenuhi keinginan klien dan merendahkan diri Anda asal bisa menyenangkannya, namun juga sangat penting tetap menjaga kendali ketika mendiskusikan proyek dan mengelola ekspektasi dengan benar.

Tenangkan Diri Anda

Tak ada yang perlu menjadi pahlawan setiap menit. Anda bisa terjebak ke dalam tuntutan dan tenggat waktu seorang klien yang menyebalkan dengan mudah, hingga Anda kehilangan diri Anda karena rasa khawatir dan stres. Anda boleh menarik diri dari situasi itu dulu untuk sementara dan mereevaluasi segalanya. Tidak semuanya harus diselesaikan sekarang juga. Ingat, Anda adalah manusia, bukan robot!

Beri komentar Anda tentang artikel ini