Ini yang Dilakukan OMDC Dental Clinic untuk Membahagiakan Karyawan

OMDC Dental Clinic
Tim OMDC Dental Clinic

Pasangan suami isteri sekaligus pendiri OMDC Dental Clinic, drg. Oktri Manessa dan Toto Syarief Hidayatulloh tahu benar bagaimana rasanya membangun sebuah perusahaan dari nol. Mereka mendirikan OMDC Dental Clinic pada tahun 2014. Berawal dari hanya memiliki 1 orang karyawan, kini OMDC memiliki hampir sekitar 170 orang karyawan, termasuk 50 orang dokter gigi di dalamnya. Berawal dari 1 poli gigi, kini OMDC Dental Clinic bisa ditemui di 5 titik operasional. Sebagai perusahaan yang terus berkembang, OMDC pun terus mengembangkan visi dan misi yang selalu dikomunikasikan kepada seluruh karyawan.

Bagaimana kita mempunyai tujuan yang sama kalau kita tidak berada di benang merah yang sama? Sebenarnya dari pertama karyawan itu masuk, kami mengadakan introduction training. Dalam introduction training dijelaskan visi, misi, company profile, siapa orang-orang yang ada di belakang OMDC, bagaimana kami membangun OMDC dari nol hingga sekarang, serta misi sosial OMDC,” ungkap drg.Oktri Manessa. 

Komunikasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam hubungan karyawan dengan perusahaan. Untuk menguatkan hubungan tersebut, OMDC memiliki berbagai aktivitas untuk membantu karyawan mengembangkan diri serta meningkatkan kemampuan baik secara teknis maupun soft skill. Selain itu, penanaman nilai-nilai yang diusung oleh perusahaan juga menjadi concern OMDC.

“Nilai-nilai kami sederhana. Kami ingin memiliki karyawan dengan loyalitas tinggi, sehingga mereka bisa berdedikasi dan melakukannya dengan tanggung jawab yang tinggi. Nilai-nilai inilah yang harus masuk ke dalam jiwa dan raga mereka, ketika mereka sedang bekerja. Hari ini mencari kandidat yang pintar dan bisa kerja banyak sekali di luar sana. Tetapi, yang bisa membawa visi misi sesuai dengan harapan perusahaan dan sesuai dengan value yang OMDC miliki, itu yang cukup sulit,” lanjut Toto.

OMDC Dental Clinic
drg. Oktri Manessa & Toto Syarief Hidayatulloh

Baca Juga: OMDC Dental Clinic: Mengusung Misi Sosial sebagai DNA Perusahaan

Proses rekrutmen yang selektif, menjadi saringan awal bagi OMDC untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi serta nilai-nilai perusahaan. OMDC tidak hanya ingin mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi dan memahami visi misi, namun juga yang mampu beradaptasi dengan nilai-nilai perusahaan.

“Pasti setiap orang datang dengan membawa nilainya masing-masing. Jadi, kami memastikan saat proses rekrutmennya. Misalnya, kami merekrut seorang kasir. Kami menilai tidak hanya baik secara teknis, tetapi juga sejauh mana ia memiliki sikap, nilai-nilai OMDC. Apakah ia melayani pelanggan dengan senyum? Atau justru terlihat jutek? Karena senyum, salam, sapa adalah bagian dari budaya di OMDC, maka ketika mendapat kandidat yang jutek rasanya kami belum bisa terima,” sambung Oktri.

Bagi OMDC, karyawan merupakan aspek terpenting dalam berjalannya sebuah perusahaan. Tanpa karyawan yang berdedikasi, tidak mungkin sebuah perusahaan akan tumbuh sesuai dengan visi dan cita-citanya. Selain melakukan seleksi awal yang cukup ketat, OMDC turut aktif dalam melakukan pembimbingan baik kepada karyawan baru maupun karyawan tetap.

“Ketika karyawan baru bergabung kami menyampaikan mereka tidak langsung menjadi karyawan tetap. Selama menjadi trainee mereka belajar berdasarkan peraturan tertulis maupun tidak tertulis. Setelah itu, kepala bagian dari divisi yang bersangkutan untuk mengingatkan terus setiap hari sehingga bisa karena terbiasa dan hebat karena terlatih,” jelas Oktri.

Berkembang sebagai Perusahaan yang Memperhatikan Talenta Karyawan

OMDC Dental Clinic
Sumber : OMDC Dental Clinic

“Kami selalu ingin karyawan yang bergabung di sini, memiliki peningkatan value dan kemampuan. Jangan sampai ketika bergabung sekian lama, karyawan kami kemampuannya tidak bertambah. Makanya, tim HR memfasilitasi karyawan dengan berbagai pelatihan.” 

drg. Oktri Manessa – Founder OMDC Dental Clinic

CEO OMDC Dental Clinic, Toto Syarief Hidayatulloh mengungkap bahwa perusahaannya tidak segan untuk mengalokasi anggaran lebih yang ditujukan untuk me-maintain karyawan OMDC. Seperti yang diungkapkan saat berbincang dengan Job-Like Magazine, rata-rata perusahaan menganggarkan 13 hingga 15 persen dari revenue, sedangkan OMDC bisa menganggarkan lebih dari 20% dari revenue untuk kepentingan karyawan. Kenapa?

“Kami sangat sadar bahwa karyawan merupakan hal yang penting bagi perusahaan, karena bisnis kami ini merupakan bisnis jasa. Kalau bisnis barang, kita bisa menjaga quality control dari suatu barang. Kalau ada yang tidak sesuai dengan konsumen, bisa saja diganti. Tetapi, bagaimana dengan bisnis yang bergerak di bidang jasa? Tentu kami harus memahami bagaimana caranya managing people. Sehingga dapat meminimalisir ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan kami,” ungkap Oktri.

We are not just building company. We building a system. Kami di sini bersama-sama membangun sebuah sistem, dimana suatu waktu nanti saya dan Dokter Oktri anak menekan tombol autopilot. Di saat itu, kami sudah bisa menyerahkan struktur yang besar kepada mereka yang menjalankan.”

Toto Syarief Hidayatulloh – CEO OMDC Dental Clinic

Baca Juga: [TANYA JAWAB] CEO Warung Pintar: Bisnis Berkelanjutan bagi UMKM

Intip Yuk, Bonus-Bonus yang Didapat Karyawan OMDC Dental Clinic!

Meski mencapai KPI adalah sebuah kewajiban bagi seorang karyawan, namun apresiasi terhadapnya itu penting. Mengedepankan hak dan kewajiban serta menerapkan reward and punishment, merupakan cara yang dilakukan oleh OMDC terhadap karyawan. Jika karyawan tersebut berprestasi, maka ia berhak untuk mendapatkan imbalan yang lebih. Namun sebaliknya, jika karyawan tidak melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan maksimal, maka mereka harus siap untuk menerima punishment sesuai dengan standar perusahaan.

Agar karyawan yang sudah melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik akan semakin berdedikasi dan membuat karyawan lainnya termotivasi, OMDC cukup royal dalam memberikan reward kepada karyawan-karyawannya. Setiap tahun ada internal memo yang mengatur soal hal tersebut. Apa saja ya bonus-bonus yang bisa didapatkan oleh karyawan OMDC? Berikut bocorannya, job seekers!

Employee Gathering

OMDC Dental Clinic
Employee gathering OMDC Dental Clinic ke Malang, Jawa Timur

Setiap tahun karyawan OMDC Dental Clinic mengadakan employee gathering. Tidak hanya untuk memberikan penghiburan kepada seluruh karyawan, namun juga sebagai ajang pengerat tali kekeluargaan antar karyawan.

Bonus Karyawan

OMDC Dental Clinic
Sumber : HRM online

Selain mendapatkan gaji setiap bulan yang menjadi hak dari setiap karyawan, karyawan pun berkesempatan mendapatkan bonus tahunan berdasarkan pencapaian KPI.

The Outstanding Front Liner

OMDC Dental Clinic

Penghargaan akan diberikan kepada para front liner seperti front office, office boy, staf marketing, dan perawat gigi. Karyawan dari 4 bagian tersebut, akan dipilih untuk mendapatkan penghargaan sebagai The Outstanding Front Liner.

Tunjangan Kasir

OMDC Dental Clinic

Diberikan kepada para kasir jika dalam waktu 3 bulan berturut-turut mereka tidak melakukan kesalahan dalam penghitungan keuangan.

Voucher Taksi

OMDC Dental Clinic
Sumber: bluebirdgroup

Diberikan kepada seluruh petugas pelayanan yang pulang lewat dari pukul 23.30 WIB.

Imbal Jasa Karyawan Bagian Operasional

OMDC Dental Clinic

Semakin banyak pasien yang datang ke OMDC Dental Clinic, maka para petugas operasional akan mendapatkan imbal jasa yang dihitung berdasarkan jumlah pasien yang berkunjung.

Beri komentar Anda tentang artikel ini