Ini Alasan Kamu Harus Bekerja Dulu Sebelum Memulai Usaha Sendiri

Belakangan ini banyak anak milenial yang ingin memulai usaha sendiri selepas lulus kuliah daripada melamar pekerjaan ke perusahaan. Tidak ada yang salah sih, hanya saja tentu membuat bisnis sendiri tidak mudah dan butuh banyak pengalaman. Sebelum memulai usaha sendiri, kamu setidaknya pernah merasakan bagaimana rasanya bekerja di sebuah perusahaan.

Paham Dulu tentang Manajemen Bisnis

Dengan bekerja pada orang lain di sebuah perusahaan, setidaknya kamu akan paham mengenai seluk beluk manajemen bisnis. Kamu akan belajar bagaimana sebuah ide bisa tercipta, mengelola ide, membuat rancangan produk, hingga cara membangun sistem.

Sekilas hal-hal ini bisa kamu dapatkan teorinya di buku. Namun, kamu akan jauh lebih bisa memiliki gambaran mengenai bisnis jika kamu juga benar-benar merasakannya. Belajarlah banyak hal dari atasanmu dan percayalah suatu saat nanti kamu pun bisa menjadi seperti dia.

Paham Bagaimana Memanajemen Manusia Sebelum Memulai Usaha Sendiri Itu Penting

Selain tentang pembuatan produk hingga marketing, kamu juga tidak bisa melupakan faktor sumber daya manusia. Kamu tentu tidak mungkin menjalankan usaha sendirian dari tahun ke tahun bukan? Itu sebabnya kamu sebaiknya belajar mengelola sumber daya manusia mulai sekarang.

Dengan bekerja di perusahaan, kamu bisa memahami beragam karakter orang. Kamu akan belajar menjadi pemimpin yang bukan sekadar menyuruh ini itu, melainkan juga mendidik dan mengelolanya dengan baik.

Baca Juga: Agar Produk Makin Dicari, Bekali Customer Service dengan Skill Ini

Memulai Usaha Sendiri Harus Dimulai dari Networking

Terakhir, kamu tidak mungkin memulai usaha tanpa networking. Bayangkan, bagaimana kamu ingin mempromosikan bisnis jika tidak ada relasi yang mengenalmu? Membangun networking sendiri dapat dimulai dari bekerja di sebuah perusahaan.

Pikirkan bagaimana nanti kamu akan bertemu dengan banyak orang ketika sudah punya usaha sendiri. Kalau kamu tidak melatihnya dari sekarang melalui bekerja, bisa-bisa kamu menjadi kikuk saat harus menjalankan usaha sendiri. Oleh sebab itu, bangunlah relasi sebanyak mungkin selagi bekerja sebagai bekal dalam melakoni usaha kelak.

Jadi, tidak ada salahnya kan kamu merasakan bekerja pada orang terlebih dahulu sebelum memulai usaha sendiri? Percayalah, seorang pengusaha hebat pun pasti mengawali kariernya dari titik paling bawah dulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here