Ragam Kiat Jitu agar Bisa Bekerja Produktif di Malam Hari

Waktu produktif setiap orang berbeda-beda. Ada yang merasa lebih bersemangat pada pagi hari. Namun, ada pula orang yang lebih aktif di malam hari. Kalau Anda termasuk orang yang cenderung lebih produktif di malam hari, berarti Anda mesti menyiasatinya dengan cara yang tepat.

Supaya hal tersebut tidak menghambat perkembangan karier dan produktivitas Anda. Kenali dulu beragam kiat jitu agar bisa bekerja produktif di malam hari.

Memilih Jenis Pekerjaan yang Tepat

Kemungkinan besar orang-orang yang lebih produktif di malam hari tidak terlalu cocok menekuni pekerjaan kantoran. Karena aktivitas di kantor menuntut Anda lebih aktif pada pagi hingga sore hari.

Namun, hal ini tak jadi masalah besar. Anda dapat memilih jenis pekerjaan lain yang lebih tepat. Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan pada malam hari, misalnya pebisnis online, freelancer, staf keamanan, sopir ojek online, dan lainnya.

Harus Tidur Siang yang Cukup

Jika Anda sudah memutuskan menekuni pekerjaan di malam hari, berarti Anda harus tidur siang yang cukup setiap hari. Karena kemungkinan besar Anda akan menggunakan seluruh waktu di malam hari untuk beraktivitas.

Tidur siang yang cukup akan membantu menjaga stamina dan metabolisme tubuh. Sehingga Anda tak mudah sakit walaupun bekerja produktif di malam hari.

Baca Juga: Apa Efek Tidur Secara Teratur Selama 7-8 Jam? Ini Jawabannya

Bekerja dalam Kondisi Cahaya yang Cukup

Jangan mengabaikan pencahayaan bila Anda ingin bekerja produktif di malam hari. Pencahayaan yang memadai akan membantu tubuh untuk tetap aktif dan terhindar dari kelelahan berlebihan. Di samping itu, pencahayaan yang memadai juga penting untuk menjaga kesehatan mata.

Jangan sampai mata terganggu karena harus berakomodasi secara berlebihan akibat cahaya ruangan yang redup. Ruangan kerja mesti didesain secara tepat untuk meminimalkan risiko kesehatan akibat keterbatasan cahaya.

Jangan Ngemil Berlebihan

Tubuh tidak membutuhkan asupan makanan dan minuman berlebihan di malam hari meskipun Anda sedang aktif bekerja. Jadi, usahakan untuk tidak ngemil berlebihan atau mengonsumsi minuman tertentu.

Sebagai gantinya, air putih sudah lebih dari cukup untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh. Bila Anda merasa sangat lapar, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dengan porsi kecil selama bekerja.

Luangkan Waktu Istirahat di Sela Pekerjaan

Produktif di malam hari bukan berarti harus bekerja tanpa jeda. Kalau tubuh mulai merasa lelah, justru Anda tetap butuh istirahat. Anda bisa meluangkan waktu selama setengah hingga satu jam untuk tidur bila bekerja di rumah.

Sedangkan bila Anda bekerja di luar rumah, istirahatlah selama beberapa menit untuk meregangkan otot dan mengembalikan stamina yang mulai berkurang.

Mulai sekarang, mari memaksimalkan potensi dan produktivitas Anda untuk mencapai hasil terbaik. Bekerja produktif di malam hari tak akan membuat Anda kehilangan semangat atau mudah sakit jika Anda sudah tahu cara mengatasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here