Hindari 5 Kesalahan Kecil Ini saat Bekerja Sama dengan Influencer

bekerja sama dengan influencer
foto: starngage

Pernah dengar tentang influencer? Influencer adalah para pengguna media sosial yang memiliki banyak followers. Seorang pengguna media sosial sudah bisa dikategorikan sebagai influencer jika sudah memiliki lebih dari 5.000 followers asli. Hal ini biasanya menarik media dan agency untuk bekerja sama dengan influencer.

Ketika bekerja sama dengan influencer, Anda harus menyiapkan berbagai hal secara detail

Hindari 5 kesalahan kecil ini agar promosi dengan bantuan influencer supaya proses promosi berlangsung efektif:

Salah Memilih Influencer

Sumber : Mashable

Memilih influencer sebenarnya bukan berdasarkan jumlah followers saja. Lebih dari itu, influencer juga harus memiliki engagement yang erat dengan para followers-nya. Misalnya, bisnis yang memproduksi makanan menggunakan influencer yang sering melakukan food review. Sehingga proses promosi produk makanan tersebut semakin tepat sasaran. Followers sang influencer pasti tertarik mencoba produk yang dipromosikan. Lain halnya dengan influencers di bidang kosmetik yang kurang cocok mempromosikan produk makanan.

Baca Juga : Ini Caranya Menjadi Youtuber Terkenal untuk Mendapatkan Pendapatan yang Fantastis!

Enggan Menggunakan Perangkat Analisis

Sumber : Smart Company

Ternyata bekerja sama dengan influencer tak cukup hanya dengan menyiapkan konten untuk diunggah. Anda juga patut menyiapkan perangkat analisis untuk mengukur efektivitas promosi. Hasil engagement akan tampak melalui perangkat analisis. Sehingga Anda tak akan kesulitan memperbaiki kampanye di lain hari demi meningkatkan pencapaian promosi sesuai target.

Tidak Memberikan Brief yang Jelas

Sumber : SMK Taruna Bakti

Saat memutuskan untuk bekerja sama dengan influencer, Anda harus menetapkan brief yang jelas. Karena tidak semua influencer memiliki budaya kerja yang disiplin dan tepat waktu. Anda wajib menetapkan jadwal unggah konten di media sosial. Jangan lupa pula meminta konfirmasi dan bukti unggahan dari influencer agar Anda bisa lekas memeriksa hasil pekerjaannya.

Keliru Memilih Media Sosial

Sumber : News Aces

Masing-masing media sosial memiliki fungsi yang berbeda, tergantung dari target bisnis yang ingin Anda capai. Jadi, Anda harus menentukan media sosial yang tepat sebelum bekerja sama dengan influencer. Misalnya, Instagram untuk kalangan generasi muda usia sekolah dan kuliah. Atau LinkedIn jika target bisnis Anda adalah generasi usia produktif yang cukup mapan. Jangan sampai Anda kesulitan mencapai target sewaktu promosi hanya karena keliru memilih media sosial.

Menetapkan Template yang Sama untuk Semua Influencer

Sumber : Seovisor

Menetapkan template yang sama untuk semua influencer bukanlah hal yang tepat. Biarkan influencer mempromosikan bisnis Anda sesuai gayanya masing-masing. Kreativitas para influencer akan menjadi softselling yang efektif. Karena para pengguna media sosial tak akan bosan menyimak promosi yang dibungkus dengan konten yang menarik.

Di zaman modern ini, sudah waktunya menjalin hubungan baik dan bekerja sama dengan influencer. Agar Anda bisa mewujudkan personal branding yang menarik dan sesuai dengan visi misi bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here