Belajar Bisa Dimana Saja dan Kapan Saja dengan Superprof

Belajar Bisa Dimana Saja dan Kapan Saja Lewat Superprof
Sumber : Superprof

Superprof merupakan startup asal Perancis yang didirikan oleh Wilfried Granier dan Yann Lequillon pada Agustus 2013. Saat itu, keduanya masih berstatus sebagai pelajar dan sedang mencari kelas privat. Sulitnya mencari kelas privat atau bimbingan belajar yang terjangkau, menjadi motivasi utama mengapa keduanya sepakat mendirikan Superprof.

Platform ini dapat memotong perantara atau pihak ketiga seperti institusi pendidikan sehingga dapat menjangkau guru yang memiliki keahlian khusus. Beberapa tahun setelah didirikan, keduanya memutuskan untuk membuatnya menjadi lebih besar.

“Seiring dengan perkembangannya, kedua pendiri Superprof tetap dengan idealismenya untuk tidak melibatkan pihak ketiga dan membiarkan orang menemukan guru yang sesuai dengan kebutuhannya,” tutur Kurniawan, Country Manager Superprof Indonesia.

Tidak harus selalu bersifat akademis, guru-guru yang mengajar melalui Superprof juga bisa mengajarkan hal-hal yang bersifat non-akademis seperti melukis, bermain musik, yoga, dan sebagainya. Bagi yang tertarik untuk mengajar, hanya perlu mendaftarkan diri secara gratis di laman resmi Superprof.

Agar bisa mendapat tawaran mengajar, para guru diwajibkan untuk membuat iklan atau pemberitahuan mengenai bidang ilmu yang ingin mereka ajarkan. Selanjutnya, mereka akan mendapatkan pemberitahuan melalui surat elektronik atau SMS jika ada calon murid yang membutuhkan.

Sebaliknya, jika ada murid yang membutuhkan pendampingan guru untuk mempelajari bidang tertentu, mereka bisa langusung mengunjungi website Superprof. Calon murid hanya perlu untuk mengetik mata pelajaran atau bidang keterampilan yang dibutuhkan dalam laman tersebut dan mereka bisa memilih guru berdasarkan bidang pendidikan serta lokasi.

“Misi kami membuat ilmu dan pengetahuan dapat diakses oleh siapa saja dan dari mana saja. Kami juga percaya bahwa belajar merupakan proses yang akan selalu berkembang, tidak berhenti begitu menamatkan sekolah. Dalam menyediakan guru, yang terpenting sejauh mana penguasaan orang tersebut terhadap ilmu yang dimiliki,” lanjutnya.

Baca Juga: Para Guru Wajib Miliki 4 Aplikasi Ini agar Lebih Mudah Saat Belajar Mengajar

Belajar Bisa Dimana Saja dan Kapan Saja Lewat Superprof

Sejak awal dibentuk, Superprof bertujuan untuk menjadi platform nomor 1 di bidang pendidikan. Negara berkembang merupakan target untuk pengembangan Superprof saat ini. Saat ini, masyarakat negara berkembang telah menyadari bahwa pendidikan adalah kunci menuju hidup yang lebih baik.

Superprof menjadi jembatan bagi mereka yang membutuhkan pengetahuan, ilmu, dan keterampilan di berbagai bidang. Sehingga, tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam hanya untuk mengikuti bimbingan belajar.

“Kami percaya setiap orang harus memiliki akses ke pendidikan, informasi, dan ilmu pengetahuan dimanapun mereka berada. Karena itu, kami ingin tetap fokus menyediakan layanan yang terjangkau untuk semua orang dan kami ingin tetap konsisten dengan visi kami,” ungkap Kurniawan.

Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Potensial bagi Pertumbuhan Superprof

Belajar Bisa Dimana Saja dan Kapan Saja Lewat Superprof
Superprof memiliki potensi yang baik untuk pasar Indonesia

Saat ini, Superprof berkembang di 25 negara dan memiliki sekitar 15 juta pengguna, termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri, sudah terdapat kurang lebih 300 ribu pengguna.

Menurut Kurniawan, Indonesia menjadi salah satu negara berpotensi dalam berkembangnya platform pendidikan. Melihat perkembangannya yang stabil, Kurniawan optimis dapat menjadikan Superprof sebagai situs web pendidikan nomor 1 di Indonesia.

Belajar Bisa Dimana Saja dan Kapan Saja Lewat Superprof
Saling berbagi tanpa melihat perbedaan

“Dalam jangka panjang, kami akan fokus kepada strategi SEO untuk menjaring lebih banyak siswa dan guru. Selain itu, kami juga membuat sebuah blog dengan menghadirkan banyak pelajaran sehingga setiap orang bisa belajar hal baru,” tutup Kurniawan.

Beri komentar Anda tentang artikel ini