Belajar Sukses dari Kerajaan Bisnis Kuliner CRP Group

bisnis CRP Group
Sumber : Negeri Satu

Nama Cita Rasa Prima Group (CRP Group) mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Namun, orang-orang justru merasa familiar dengan bisnis kuliner populer seperti Warunk Upnormal dan Bakso Boedjangan. Kedua jenis bisnis kuliner tersebut adalah bagian dari grup usaha CRP Group.

Dalam kurun waktu beberapa tahun saja, CRP Group sukses merajai bisnis kuliner di tanah air.

Profil perusahaan yang satu ini jelas sangat inspiratif dan menarik untuk diulas.

Awal Mula Berdirinya Bisnis Kuliner

Sumber : Renfauzi

CRP Group pertama kali didirikan oleh Stefanie Kurniadi, Rex Marindo, dan ketiga rekan lainnya pada tahun 2013. Kala itu, Nasi Goreng Mafia menjadi brand pertama yang dikembangkan oleh perusahaan tersebut. Hingga awal tahun 2019, sudah ada sepuluh brand yang dikembangkan oleh CRP Group yaitu:

  • Nasi Goreng Mafia
  • Warunk Upnormal
  • Bakso Boedjangan
  • Sambal Karmila
  • Ayam Bersih Berkah
  • Fish Wow Cheeseee
  • Meebox
  • Martabak Maskulin
  • Juice Kidding
  • Bakso Abang Sayang

Perusahaan ini memang senantiasa memilih Bandung sebagai lokasi uji coba perdana brand barunya. Setelah berkembang di Bandung, barulah brand-brand tersebut mulai dikembangkan di sejumlah kota besar lainnya di tanah air.

Baca Juga: Sejarah Panjang IBM Indonesia: Terus Berpacu dengan Zaman

Berawal dari Ide yang Sederhana

Sumber : Pink Korset

Ide awal para pendiri CRP Group untuk mengembangkan bisnis kuliner ternyata sangat sederhana. Bisnis kuliner tersebut diawali dengan keinginan untuk menghadirkan makanan khas Indonesia yang bisa disantap setiap hari oleh masyarakat. Itulah sebabnya grup bisnis tersebut memulainya dari brand kuliner yang mengusung produk nasi goreng (Nasi Goreng Mafia). Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak pula inovasi yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Berkembang Pesat dalam Waktu Beberapa Tahun

Sumber : Trip Advisor

Berdasarkan informasi yang dirilis Forbes Indonesia, CRP Group adalah perusahaan kuliner lokal yang laju pertumbuhannya sangat cepat. Hal tersebut dibuktikan oleh 208 outlet yang tersebar di 30 kota besar hingga akhir tahun 2018. Pencapaian ini berhasil diraih karena para pendirinya fokus pada ekspansi bisnis dan perluasan kemitraan. Bila satu outlet sudah balik modal dan menghasilkan keuntungan, maka proses selanjutnya adalah menyiapkan cabang-cabang bisnis yang baru. Dengan demikian, pertumbuhan bisnis kuliner tersebut bisa terjadi secara pesat dan menghasilkan laba besar.

Baca Juga: Mau Sukses Berbisnis Kuliner? Ini Tips dari Pemilik Warunk Upnormal

CRP Group sudah memiliki lebih dari 5.000 karyawan pada awal 2019. Kesuksesan bisnis kuliner tentu tak lepas dari kerja keras para karyawannya. Oleh sebab itu, grup perusahaan tersebut berkomitmen untuk memenuhi tingkat kesejahteraan karyawan semaksimal mungkin. Selain mengadakan pelatihan khusus, karyawan juga bisa mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan. Misalnya, cuti melahirkan dan fasilitas ruang menyusui bagi karyawati.

Kehadiran CRP Group bisa menjadi benchmark baru bagi kesuksesan suatu bisnis kuliner. Jadi, apakah Anda tertarik bergabung bersama perusahaan tersebut atau tergugah untuk merintis bisnis serupa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here