Ini Cara Cepat Beli Rumah dengan Gaji Pas-Pasan ala Milenial

Apa bisa beli rumah dengan gaji yang kecil? Padahal, masih banyak kebutuhan lain yang belum terpenuhi.

Semua orang pasti mengidamkan bisa memiliki rumah pribadi. Namun, banyak yang menganggap kalau gaji pas-pasan, keinginan untuk punya rumah itu hanya bisa jadi impian. Sebenarnya, tidaklah demikian. Asalkan, Anda mau melakukan beberapa langkah berikut ini.

Sesuaikan Rumah Idaman dengan Kebutuhan

Kebutuhan rumah untuk setiap orang tentunya berbeda-beda. Pastikan rumah yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, kalau gaji Anda kecil dan belum menikah, Anda mungkin membutuhkan rumah yang tidak terlalu besar. Atau, rumah yang lokasinya tidak terlalu strategis.

Persiapkan Tabungan Uang Muka

Membeli rumah membutuhkan down payment atau uang muka. Ada baiknya Anda menabung terlebih dahulu untuk mempersiapkan hal ini. Lebih baik lagi jika Anda mendapatkan uang muka dari sumber lain di luar gaji Anda. Seperti misalnya, usaha sampingan. Saat ini, uang muka rumah pertama kisarannya hanya 15 persen, dibandingkan beberapa tahun lalu, yaitu 30 persen.

Beli Rumah dengan KPR

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR memudahkan siapa saja untuk memiliki rumah. Namun, Anda tetap harus menyesuaikan kemampuan membayar kredit dengan gaji yang diterima setiap bulannya. Kalau gaji Anda kecil, Anda bisa memilih KPR dengan yang jangka waktunya cukup panjang. Seperti misalnya, 15 tahun atau 20 tahun. Selain itu, pilihlah juga fasilitas KPR yang menawarkan bunga yang rendah.

Beli Rumah dengan Gaji Kecil Lewat Program FLPP

Pemerintah Indonesia belum lama ini merilis program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau FLPP. Pada intinya, fasilitas ini memberikan kemudahan bagi mereka yang berpenghasilan terbatas untuk tetap bisa mendapatkan rumah. Beberapa persyaratannya di antaranya,

  • Masyarakat berpenghasilan tetap atau tidak tetap dengan penghasilan maksimal Rp4 juta.
  • Belum pernah memiliki rumah.

Baca Juga: Kesalahan saat Membeli Rumah Pertama yang Sering Dilakukan Generasi Milenial

Sementara, fasilitas yang bisa didapatkan di antaranya,

  • Uang muka 1 persen.
  • Jangka waktu KPR 20 tahun.
  • Suku bunga 5 persen.

Jangan Tunda Membayar Biaya Administrasi

Karena gaji kecil, Anda tentu tidak ingin pengeluaran yang ada terlalu besar. Terkait dengan pembelian rumah, Anda bisa melakukan penghematan dengan cara membayar biaya administrasi tepat waktu. Semakin cepat biaya administrasi dilunasi, maka semakin ringan beban KPR yang Anda tanggung.

Nah, dengan melakukan langkah-langkah diatas, Anda tetap bisa beli rumah idaman meski dengan gaji yang kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here